Komposisi Dapil Pemilu 2019 Berubah?

SUKOHARJO, KRjogja.com – Komposisi Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi per Dapil pada Pemilu 2019 mendatang diwacanakan mengalami perubahan. Wacana tersebut dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo dan sekarang sedang disosialisasikan.

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Minggu (17/12/2017) membenarkan wacana tersebut guna menyesuaikan dengan kondisi perkembangan khususnya jumlah penduduk sekarang. Kebijakan ini berpegangan pada aturan berkaitan dengan penyusunan Dapil dan alokasi kursi untuk Pemilu 2019.  

Kuswanto menjelaskan pada Dapil III dan Dapil IV diwacanakan akan diubah berupa pengurangan dan penambahan wilayah. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari usaha menyeimbangkan kebutuhan.

"Pada Pemilu 2014 di Dapil III meliputi wilayah Kecamatan Baki, Gatak dan Kartasura. Di Dapil tersebut tersedia sebanyak 12 kursi. Kondisi berbeda dialami di Dapil IV meliputi satu wilayah saja yakni Kecamatan Grogol memiliki enam kursi. Jumlah kursi di Dapil IV setara separuh dari Dapil III," ungkapnya.

Menurut Kuswanto wacana perubahan dilakukan KPU Sukoharjo dengan dengan menambah wilayah di Dapil IV menjadi Kecamatan Grogol dan Baki. Perubahan juga diikuti dengan penambahan jumlah kursi dari sebelumnya enam menjadi delapan.

"Di Dapil III diwacanakan akan mendapat pengurangan wilayah tinggal Kecamatan Gatak dan Kartasura. Pengurangan juga diwacanakan KPU Sukoharjo terhadap jumlah kursi dari sebelumnya 12 menjadi sembilan."

Wacana perubahan juga dilakukan KPU Sukoharjo di Dapil V di meliputi wilayah Kecamatan Mojolaban dan Polokarto. Apabila pada Pemilu 2014 hanya disediakan delapan kursi maka akan ditambah menjadi sembilan kursi pada Pemilu 2019. (Mam)

BERITA REKOMENDASI