Kondisi Waduk Mulur Memprihatinkan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kondisi Waduk Mulur, Bendosari semakin memprihatinkan. Selain tidak terawat, juga minim fasilitas sebagai tempat wisata. Keluhan dari pengunjung berdatangan seperti saat libur panjang tahun baru kemarin.

Salah satu pengunjung Waduk Mulur, Bendosari, Santoso mengatakan, kecewa dengan kondisi Waduk Mulur, Bendosari sekarang. Saat datang untuk berlibur bersamaan dengan libur panjang tahun baru kondisi yang dilihat sangat memprihatinkan.

Kondisi objek wisata air tersebut kumuh dan kotor, banyak ditemukan sampah berserakan dan bangunan liar disekitar lokasi. Pengunjung juga sulit untuk mendapatkan fasilitas umum lainnya seperti kamar mandi. Selain itu juga sulit membeli makanan dan minuman karena jarang ada pedagang.

“Sebenarnya Waduk Mulur bisa jadi objek wisata alternatif mengisi liburan. Tapi kondisinya memprihatinkan. Butuh perawatan dan penambahan fasilitas,” ujar Santoso kepada KRJOGJA.com, Selasa (02/01/2018).

Di Waduk Mulur sendiri dikatakan Santoso tidak ditemukan fasilitas umum khususnya permainan anak. Padahal itu penting mengingat wisatawan yang datang kebanyakan mengajak keluarga khususnya anak kecil.

Pengunjung Waduk Mulur, Andrie mengatakan, di Waduk Mulur hanya ada beberapa warung makan dan karamba ikan milik warga setempat. Meski begitu kondisinya kurang nyaman sebagai tempat beristirahat bagi wisatawan.

“Kondisi Waduk Mulur sangat sepi jauh dari keramaian. Harusnya dilakukan pengelolaan agar bisa jadi tempat wisatawa yang nyaman,” ujarnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, pengelolaan Waduk Mulur, Bendosari masih menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Pemkab Sukoharjo hanya ketempatan wilayah saja mengingat posisi Waduk Mulur berada di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo.

Pemkab Sukoharjo sudah berusaha meminta pengelolaan Waduk Mulur pada pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pusat. Namun sampai sekarang belum ada kejelasan.

“Warga tahunya itu dikelola Sukoharjo padahal jadi kewenangan Provinsi Jawa Tengah. Pemkab Sukoharjo sendiri berusaha bisa mengelola dan menjadikan tempat wisata dengan melakukan pembangunan dan penambahan fasilitas di Waduk Mulur,” ujarnya.

Rencananya di Waduk Mulur akan dijadikan tempat wisata oleh Pemkab Sukoharjo. Beberapa fasilitas tambahan seperti arena outbond, permainan anak, rumah makan, dan lainnya akan dibangun. Namun Pemkab Sukoharjo sampai sekarang masih terkendala kewenangan pengelolaan ditangani provinsi. (Mam)

BERITA REKOMENDASI