Koramil Bendosari Serap Gabah 20 Ton

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sejak awal hingga pertengahan Mei Koramil Bendosari berhasil melakukan penyerapan gabah petani sekitar 15 ton – 20 ton. Jumlah tersebut dipastikan bertambah karena masih banyak tanam padi petani siap panen dalam beberapa hari kedepan.

Danramil Bendosari Kodim 0726 Sukoharjo Kapten Inf Gunarjo, Selasa (16/5) mengatakan, penyerapan gabah petani dilakukan dalam program serapan gabah petani (Sergap) melibatkan anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa). Para Babinsa wajib turun memantau langsung ke sawah melihat tanaman padi petani. 

"Sergap sudah dilakukan pada awal hingga pertengahan Mei ini. Terakhir kami melakukan penyerapan gabah petani di Desa Mulur dan Sidorejo pada Selasa (16/5) dan masih berlanjut di tempat lain di Kecamatan Bendosari,” ujar Kapten Inf Gunarjo.

Sergap di Desa Sidorejo dipimpin oleh Babinsa Serka Suprawoko dan di Desa Mulur Babinsa Serka Sumarlan. Babinsa yang bertugas melakukan pemantauan sejak awal hingga akhir panen. Gabah hasil panen padi milik petani diserap untuk selanjutnya dibawa ke Bulog, Telukan, Grogol. "Setiap kali penyerapan hasil gabah panen petani berbeda. Namun rata rata per hektar sekitar 7 ton – 8 ton,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI