Kota Sukoharjo Bagian Tengah Bebas Banjir

Editor: Ivan Aditya

 SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo memastikan semua pembangunan saluran atau drainase sudah selesai 100 persen. Proyek dapat diselesaikan sebelum tahun 2018 berakhir dan siap digunakan. Terselesaikannya pembangunan menjadikan Sukoharjo terbebas dari banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji, Jumat (21/12/2018) mengatakan, ada cukup banyak pembangunan saluran pada tahun 2018. Pelaksanaan pembangunan dilakukan secara bertahap disejumlah wilayah dengan melihat dan mempertimbangkan kondisi dan ketersediaan anggaran. Setelah berjalan setahun pembangunan akhirnya selesai dan siap digunakan.

Beberapa proyek saluran seperti di Jalan Slamet Riyadi, Sukoharjo Kota dimana menjadi solusi terjadinya genangan dan banjir di tengah kota saat musim hujan. Dalam proses pembangunannya Pemkab Sukoharjo tidak hanya melakukan pengerukan sedimentasi dan sampah saja namun juga berkaitan dengan fisik bangunan.

Saluran di tengah kota dengan selesainya pembangunan di Jalan Slamet Riyadi maka secara keseluruhan sudah terselesaikan. Pada tahun sebelumnya Pemkab Sukoharjo sudah melakukan pembangunan saluran di tengah kota seperti di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Veteran dan Jalan DR Moewardi.

Aliran air di tengah kota sekarang menjadi lancar dan tidak lagi ditemukan masalah genangan dan banjir. Air dapat langsung dialirkan ke saluran dan dibuang ke sungai sebelum menimbulkan masalah setelah hujan turun.

"Pembangunan saluran di Jalan Slamet Riyadi yang sebelumnya sempat dipertanyakan sekarang sudah selesai sepenuhnya dan siap digunakan. Kalaupun masih ada beberapa pekerjaan itu hanya membersihkan sisa material buangan dan merapikan sekitar saja," ujarnya.

Dinas Pekerjaan Umum Sukoharjo sudah menata semua saluran di tengah kota termasuk aliran pembuangan ke sungai. Seperti halnya saluran di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Sukoharjo Kota dimana disana juga sudah dilengkapi bak kontrol dan pintu pengaman. Keberadaanya sangat penting untuk memantau dan mengatur air buangan dari saluran untuk dialirkan ke sungai. (Mam)

BERITA REKOMENDASI