KPA Klaten Sosialisasi Teknik Terapi pada Pelaku Pijat

Editor: Ary B Prass

 

KLATEN, KRJOGJA.com –  Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klaten melakukan sosialisasi bahaya dan pencegahan HIV/AIDS di kalangan pelaku pijat, bertempat di salah satu rumah makan di Klaten, Jumat (22/07/22).

Sebanyak 57 peserta yang hadir antusias belajar teknik-teknik terapi dari terapis Sumarsono asal Rumah Sakit Cakra Husada Klaten.

Sekretaris KPA Klaten Ronny Roekmito mengatakan, komunitas pelaku pijat Klaten sebagai kelompok kunci untuk penanggulangan HIV/AIDS.

Dari pelaku pijat ini, ia mengharapkan pesan pencegahan HIV/AIDS bisa sampai, minimal tahu cara pencegahannya.

“Pelaku pijat Klaten itu kelompok kunci untuk pencegahan HIV/AIDS.  Selain sosialisasi, kepada pelaku pijat oleh KPA Klaten  diberikan buku saku.  Mereka juga diberi bekal ketrampilan teknik memijat. Maka KPA Klaten juga perlu memberikan bekal pengetahuan tentang teknik pijat dari terapis yang benar,” kata dr Ronny.

Dokter Ronny menambahkan, data HIV/AIDS di Klaten menunjukan gejala peningkatan. Hal itu didasarkan pemantauan petugas di lapangan.

“Kemarin KPA Klaten melakukan pemantauan di beberapa titik panti pijat di jalan utama Yogya-Slko.  Hasil tes yang dilakukan relawan ada  2 kasus positif.  Sedangkan data Januari – Juni 2022 saja sudah ada 45 kasus baru HIV/AIDS,” tambah dr Ronny pula.

BERITA REKOMENDASI