KPK Monitoring UPG di Pemkab Boyolali

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Jawa Tengah, beberapa waktu yang lalu meraih penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) dengan kriteria Pengelola Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) terbaik se-Indonesia. Menindaklanjuti hal tersebut, KPK melakukan monitoring implementasi Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali terkait dengan Pengembangan Mekanisme Implementasi Program Pengendalian Gratifikasi.

Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK RI, Syarief Hidayat menjelaskan bahwa monitoring tersebut sekaligus untuk mengklarifikasi dokumen yang telah diserahkan kepada KPK dengan fakta di lapangan.

“Ingin mengklarifikasi dan alhamdulillah dari klarifikasi yang sudah kita lakukan antara dokumen dengan apa yang ada di lapangan, Insya Allah sesuai. Jadi wajar kalau Boyolali diberikan predikat sebagai Unit Pengendali Gratifikasi terbaik,” ujarnya saat ditemui di aula Inspektorat Daerah Kabupaten Boyolali, Kamis (14/1/29021).

Beberapa praktek UPG yang baik yang ada di Kabupaten Boyolali, akan dipelajari yang selanjutnya diharapkan akan dicontoh oleh KPK maupun kabupaten/kota lainnya. Sebagai contoh yakni terkait dengan fee perbankan yang tidak diperbolehkan di Kota Susu.

BERITA REKOMENDASI