KPPN Klaten Ajak Masyarakat Perangi Korupsi

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Sebagai bagian dari unit vertikal Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, KPPN Klaten memperingati Hari Anti Korupsi se Dunia dengan berbagai kegiatan.Tema yang diusung yakni ‘Maju Melawan Korupsi’ maka inti dari semua rangkaian kegiatan tersebut adalah mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus bahu membahu melawan dan memberantas tindakan korupsi di semua bidang dan semua kesempatan, termasuk di lembaga pemerintahan.

Sebagai institusi yang mengemban tugas sebagai katalisator reformasi birokrasi, sebagai bagian dari implementasi lembaga anti korupsi, Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan telah melaksanakan reformasi birokrasi secara terus menerus pada kantor layanannya. Sejak tahun 2007 layanan KPPN Klaten telah menerapkan sistem layanan cepat, akurat, dengan prosedur sederhana dan tanpa biaya.

Survey mutu layanan telah dilaksanakan secara berkala dan di tingkat nasional berdasar Survei Integritas (SI) KPK tahun 2009, Ditjen Perbendaharaan memperoleh indeks sebesar 6,78 (dari skala 10) dan pada tahun 2011 diperoleh indeks sebesar 7,69 yang menobatkan Ditjen Perbendaharaan sebagai organisasi dengan Integritas Layanan Terbaik.

Kecuali itu berdasar Penilaian Inisiatif Anti Korupsi (PIAK) KPK tahun 2009, Ditjen Perbendaharaan memperoleh indeks sebesar 6,103 dan hasil tahun 2010 dengan indeks sebesar 8,99. Pada tahun 2010 tersebut, Ditjen Perbendaharaan dinobatkan sebagai institusi yang memiliki inisiatif untuk mencegah terjadinya tindak korupsi paling tinggi.

"Kami berharap agar praktik korupsi yang sangat melukai perasaan kaum miskin. dan menjadi penyebab utama memburuknya perekonomian suatu bangsa, serta menjadi penghalang upaya mengurangi kemiskinan dan pembangunan ke depan dapat diberantas sampai ke akar-akarnya," kata Kepala KPPN Klaten, Yoyok Yulianto. (*)

BERITA REKOMENDASI