KPU Boyolali Lipat dan Sortir Surat Suara

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Komisi Pemiihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember mendatang. Kegiatan dijadwalkan tuntas dalam empat hari atau hingga Sabtu (28/11/2020) mendatang.

Terlihat puluhan pekerja menyortir dan melipat suara. Selanjutnya, surat suara yang sudah dilipat ditumpuk tersendiri sebelum dibendel dengan menggunakan tali karet. Kegiatan tersebut juga mendapat pengawasan petugas KPU dan kepolisian setempat.

Menurut Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin, total surat suara yang disortir sebanyak 817.888 lembar. Kegiatan melibatkan 50 orang pekerja yang diambil dari masyarakat sekitar. Surat suara yang sudah disortir dan dilipat lalu dibendel dengan jumlah 20 lembar/ bendel. “Setiap bendel diikat dengan tali karet,” katanya di sela- sela kegiatan pelipatan surat suara, Rabu (25/11/2020).

Saat ini, pihaknya juga masih menunggu kedatangan formulir sampul. Diharapkan, formulir dan sampul segera datang yang kemudian akan dilakukan pengesetan pada tanggal 1 atau 2 Desember.“Kami set ke dalam kotak suara yang ada dan langsung didistribusikan ke PPK.”

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga mulai mendistribusikan APD untuk kegiatan Pilkada serentak. Dimana APD yang ada mengacu pada protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19.

“Termasuk ember untuk cuci tangan para pemilih yang datang ke TPS. APD kami kirimkan ke masing- masing PPK yang selanjutnya didistribusikan ke tingkat PPS.”

Seperti diketahui, Pilkada Boyolali hanya diikuti satu pasang calon. Yaitu, pasangan Cabup, M Said Hidayat yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Boyolali dan Cawabup, Wahyu Irawan. Pasangan ini diusung PDIP dan didukung Golkar, PKB, PPP, Gerindra dan Nasdem. (*_1/Sit)

BERITA REKOMENDASI