KPU Sukoharjo Mulai Distribusikan Logistik Pemilu

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Distribusi logistik Pemilu 2019 mulai dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pengiriman dilakukan sejak awal untuk mempermudah persiapan di masing masing kecamatan mengingat waktu pelaksanaan pesta demokrasi sudah semakin dekat.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda Kamis (14/03/2019) mengatakan, distribusi logistik Pemilu 2019 sudah dilaksanakan sejak Rabu (13/03/2019) dengan berkoordinasi melibatkan Bawaslu dan kepolisian. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pengawalan bersama kebutuhan untuk pelaksanaan pemilu.

Distribusi logistik dilaksanakan KPU Sukoharjo menggunakan tiba armada truk pengangkut milik PT Pos Indonesia cabang Sukoharjo. Ketiga truk digunakan untuk mempercepat proses pengiriman dari gudang penyimpanan di gedung Budisasono ke PPK di 12 kecamatan.

Dalam proses pengiriman tersebut truk pengangkut logistik Pemilu 2019 mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Tujuannya untuk menjamin keamanan dan menghindarkan terjadinya masalah selama proses distribusi dari oknum tertentu.

KPU Sukoharjo sengaja mengirim logistik Pemilu 2019 sejak awal sebagai bagian dari kersiapan di masing masing kecamatan. Selain itu juga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam menghadapi pemilu.

“Posisi barang atau logistik pemilu di tempat penyimpanan di gedung Budisasono Sukoharjo sudah semakin banyak. Jadi perlu pengurangan dengan mendistribusikan logistik yang sudah ada ke PPK,” ujarnya.

Logistik Pemilu 2019 yang dikirimkan KPU Sukoharjo ke PPK ada beberapa macam jenis kecuali kotak suara. Berbagai logistik tersebut diharapkan bisa segera diterima dan dipersiapkan oleh PPK.

“PPK begitu menerima logistik Pemilu 2019 dari KPU Sukoharjo bisa langsung melakukan pengesetan sesuai kebutuhan di maisng masing Panitia Pemungutan Suara (PPS),” lanjutnya.

Proses pengesetan ditingkat PPK membutuhkan waktu tidak sedikit sehingga KPU Sukoharjo memberi kesempatan cukup lama. Dengan demikian maka apabila ada kendala bisa segera dilaporkan ke KPU Sukoharjo.

“KPU Sukoharjo setelah ini juga masih akan menerima logistik Pemilu 2019 lainnya dari KPU RI seperti surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD. Sedangkan surat suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 sudah kami terima beberapa hari lalu,” lanjutnya.

Penerimaan tersebut membuat kondisi tempat penyimpanan logistik Pemilu 2019 di gedung Budisasono dikhawatirkan semakin penuh. Karena itu logistik yang ada harus secepatnya didistribusikan ke masing masing panitia penyelenggara ditingkat kecamatan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI