KPU Sukoharjo Siapkan Debat Kedua Pilkada

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Debat kedua Pilkada 2020 akan digelar pada 21 November mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo sudah melakukan persiapan dan tinggal menunggu pelaksanaan. Debat tersebut nantinya akan diikuti Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Etik Suryani-Agus Santosa (EA) dengan nomor urut 1 dan Joko Santosa-Wiwaha Aji Santoso (Joswi) nomor urut 2.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Rabu (11/11/2020), mengatakan, KPU Sukoharjo sudah menyiapkan agenda dua kali debat Pilkada 2020. Pertama sudah digelar pada 17 Oktober lalu dan kedua terakhir 21 November nanti. Pelaksanaan debat wajib diikuti oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk menyampaikan visi misi pada masyarakat.

Dua kali debat Pilkada 2020 digelar dengan format sama oleh KPU Sukoharjo. Namun debat pertama dan kedua akan menggunakan tema dan panelis berbeda. “Pertanyaan pada debat pertama dan kedua tentu berbeda karena tema juga beda. Tapi untuk format tetap sama ada beberapa sesi dalam agenda debat tersebut,” ujarnya.

KPU Sukoharjo sekarang sedang menyusun tema yang akan diangkat dalam debat kedua 21 November nanti. Hal itu berkaitan dengan panelis yang akan mengikuti kegiatan. Keberadaan panelis ini nantinya berperan akan menentukan pertanyaan yang akan diajukan kepada calon bupati dan wakil bupati.

KPU Sukoharjo memberlakukan aturan ketat terkait pelaksanaan kegiatan debat Pilkada 2020 tersebut. Salah satunya berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona. Calon bupati dan wakil bupati pada saat kegiatan digelar dilarang membawa massa pendukung. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan massa karena rawan terjadi penularan virus corona.

Debat Pilkada 2020 digelar hanya akan diikuti pasangan calon bupati dan wakil bupati diikuti oleh empat orang tim dari masing masing pasangan calon. Pembatasan diberlakukan secara ketat oleh KPU Sukoharjo menyesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI