KPU Sukoharjo Terima Hibah Dana untuk Kebutuhan Pilkada 2020

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo berikan hibah dana untuk penyelenggaraan Pilkada 2020 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo total sebesar Rp 21.341.483.000. Dana diberikan dalam dua tahap pencairan menggunakan APBD 2019 dan APBD 2020. Proses penandatanganan Naskah Perjanian Hibah Daerah (NPHD) digelar di ruang rapat Sekda Sukoharjo, Selasa (1/10/2019). 

Asisten 3 Sekda Sukoharjo Eko Adjie Arianto mengatakan, penandatanganan NPHD dilaksanakan sebagai perjanjian resmi antara Pemkab Sukoharjo dengan KPU Sukoharjo dalam penyediaan anggaran pelaksanaan Pilkada 2020. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Gunawan Wibisono dengan Ketua KPU Nuril Huda. 

Dalam perjanjian tersebut Pemkab Sukoharjo akan memberikan hibah dana ke KPU Sukoharjo sebesar Rp 21.341.483.000. Pencairan dilakukan tahap 1 menggunakan APBD Tahun 2019. Dana cair maksimal akhir tahun ini sebesar Rp 100,788 juta. Untuk dana yang lebih besar lagi baru akan cair di tahun 2020 mendatang sebesar Rp 21,240 miliar

Penandatanganan NPHD juga dilaksanakan menindaklanjuti Permendagri No 9 tahun 2005 tentang Pedoman Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Pilkada. Dalam Permendagri tersebut diatur mengenai kewajiban Kepala Daerah untuk kelancaran Pilkada dan memberi dukungan untuk pengalokasian anggaran daerah.

Sehingga pendanaan kegiatan Pilkada dibebankan pada APBD kabupaten/kota. Untuk itu, Pemkab Sukoharjo memberikan dana hibah untuk kegiatan Pilkada 2020.

Sesuai Permendagri tersebut batas waktu penandatangan NPHD adalah 1 Oktober. Penggunaan hibah di tahun 2019 untuk pilkada dimulai sesuai jadwal dan tahapan untuk tahun 2019. Untuk mekanisme pencairan hibah akan ditransfer langsung dari kas daerah ke rekening hibah Pilkada yang dikelola KPU setelah syarat administrasi terpenuhi. Pencairan sendiri paling lambat 14 hari setelah penandatanganan NPHD.

“Kebutuhan anggaran pelaksanaan kegiatan Pilkada 2020 sudah terpenuhi dengan disediakan oleh Pemkab Sukoharjo. Penandatanganan NPHD ini sekaligus pemberian ke KPU Sukoharjo,” ujarnya.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan, pelaksanaan kegiatan Pilkada 2020 membutuhkan dana sangat besar. Kebutuhan tersebut sekarang sudah jelas karena telah dianggarkan oleh Pemkab Sukoharjo. KPU Sukoharjo sendiri lega dengan ketersediaan anggaran tersebut. Hal itu ditandangi dengan telah terlaksananya penandatangan NPHD tersebut sebagai wujud kesiapan Pemkab Sukoharjo mendukung pelaksanaan Pilkada 2020. (Mam)

BERITA REKOMENDASI