KPU Sukoharjo Tunggu Batas Akhir Pendaftaran

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Delapan partai politik (parpol) di Sukoharjo lolos sebagai peserta Pemilu 2019. Mereka resmi mendaftar dan berkasnya dinyatakan lengkap. Jumlah tersebut masih dimungkinan bertambah mengingat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo masih menutup pendaftaran maksimal sampai Senin (16/10/2017).

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto, Senin (16/10/2017) mengatakan, data sementara sampai pukul 11.00 diketahui sudah ada delapan parpol mendaftar dan berkasnya dinyatakan lengkap. Kepastian tersebut diketahui setelah selesai dilakukan verifikasi oleh petugas KPU Sukoharjo.

Salah satu materi verifikasi berkaitan dengan kelengkapan berkas fotocopi Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). “Verifikasi sudah selesai dilakukan dan terakhir dilakukan pada Nasdem dan PDIP semua sudah lengkap,” ujar Kuswanto.

Delapan parpol tersebut yakni Perindo, PDIP, PSI, Gerindra, PKS, Golkar, PPP dan Nasdem. Berkas mereka sudah dinyatakan lengkap dan diberi tanda terima. “Untuk sementara sampai Senin (16/10) pukul 11.00 sudah ada delapan parpol lolos sebagai peserta Pemilu 2019,” lanjutnya.

Kuswanto menegaskan, data parpol masih bisa bertambah karena penutupan masih dilakukan pada Senin (16/10/2017) pukul 24.00. Dari delapan parpol tersebut, enam diantaranya merupakan parpol lama dan dua diantaranya baru yakni Perindo dan PSI.

KPU Sukoharjo menerima update dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) ada 31 parpol. Dari jumlah tersebut hanya ada 20 parpol di Sukoharjo. “Dari 20 parpol itu delapan parpol diantaranya sudah mendaftar di KPU Sukoharjo. Dimungkinkan Demokrat dan PAN akan segera mendaftar ke KPU Sukoharjo. Kedua parpol sudah memberikan informasi mau datang mendaftar,” lanjutnya.

Anggota KPU Sukoharjo Nuril Huda menambahkan, parpol sudah bergerak cepat dengan melengkapi persyaratan begitu mendapatkan sosialisasi dari KPU Sukoharjo beberapa hari lalu. Begitu pendaftaran dibuka parpol langsung melakukan pendaftaran.

Meski begitu ada beberapa parpol harus bolak balik ke KPU Sukoharjo karena berkas yang diajukan kurang lengkap. Parpol akhirnya bisa melengkapi persyaratan sebelum penutupan pendaftaran. “Pendaftaran ini baru awal dan masih ada sejumlah tahapan lainnya untuk Pemilu 2019,” ujar Nuril Huda. (Mam)

BERITA REKOMENDASI