Kreatif! Sertu Putut Ubah Biji Salak Jadi Kopi Untuk Kesehatan

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Buah salak merupakan komoditas andalan Indonesia, selain mudah didapatkan serta terjangkau harganya. Bagi orang yang tidak tahu, salak memang hanya bisa dimakan dagingnya saja. Biasanya, kulit beserta biji salak dibuang begitu saja. Kendati begitu,biji buah salak memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sayangnya masih ada orang yang tidak memyadari manfaat biji buah salak. Biasanya,biji buah yang bertekstur keras ini akan dibuang begitu saja setelah daging buahnya habis dimakan.

Ditangan Seran Satu (Sertu) Putut Tetuko, biji salak dan kulitnya dimanfaatkan menjadi minuman alternatif kopi biji salak dan teh biji salak. Setelah mengetahui khasiatnya, Sertu Putut kemudian mengumpulkan biji salak dan mencoba mengolahnya menjadi minuman pengganti kopi.

Saat ditemui dirumahnya di daerah Dukuh Gunung Wijil, Desa Gebyog, Kecamatan Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, terkait olahan biji salak menjadi kopi,Putut mengemukakan biji salak dapat dikonsumsi kembali, karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya nikmat rasanya,kopi biji salak kaya akan manfaat dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menyembuhkan diabetes,asam urat dan sakit maag.

“Mengonsumsi biji salak menjadi salah satu cara alternatif untuk mengatasi penyakit asam urat.Tidak hanya itu,kandungan senyawa dalam biji salak juga ampuh untuk mencegah berbagai penyakit,” ujar Sertu Putut yang seharinya berdinas di Koramil Ampel, Boyolali, Sabtu (8/8/2020).

Ia menjelaskan, bermula dari orang tuanya yang mengidap penyakit diabetes.Kemudian melakukan percobaan mengumpulkan beberapa biji salak karena kebetulan dekat rumahnya ada perkebunan salak. Ia mengumpulkan biji tersebut lalu dipotong menjadi empat bagian lalu dijemur.” Mulanya hanya mencari limbah biji yang terbuang begitu saja,setelah banyak khasiatnya warga juga meminta hasil temuannya,” katanya.

BERITA REKOMENDASI