Lapas Klaten Giatkan Pelatihan Keterampilan Narapidana

KLATEN, KRJOGJA.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Klaten menggiatkan pelatihan keterampilan bersertifikat kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP). Kegiatan itu sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) agar lebih berkualitas dan bermanfaat saat mereka sudah berada di tengah masyarakat.

Kepala Lapas Kelas II B Klaten, Abdul Hakim Amer, mengatakan, di lapas Klaten kegiatan peningkatan SDM melalui pelatihan keterampilan bersertifikat sudah terselenggara sebanyak tiga kali. Jumlah peserta yang sudah mengikuti pelatihan sebanyak 60 narapidana, terhitung dari Januari sampai Februari.

“Dalam setiap kegiatan pelatihan diikuti 20 narapidana. Ragam pelatihannya yakni pertanian lahan sempit, hidroponik, potong rambut, pembuatan plat nomor dan stempel. Sebelumnya sudah ada produk unggulan yakni mainan edukasi anak,” ujar Abdul Hakim di sela acara Media Gathering di Kantor Lapas Kelas II B Klaten, Kamis (27/2/2020).

Dijelaskan, khusus produk unggulan, mainan edukasi anak atau alat permainan edukatif (APE), telah bekerjasama dengan pihak ketiga. Setidaknya ada sebanyak 200 paket APE mampu diproduksi oleh narapidana secara terus menerus sesuai permintaan pasar.

“Dalam memproduksi mainan edukasi ini, kita menyediakan SDM-nya seperti tenaga, tempat. Sedangkan bahan baku dari pihak ketiga, termasuk pemasarannya,” jelasnya.

Abdul Hakim, menambahkan, kegiatan Media Gathering digelar dalam rangka mewujudkan Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020. Tujuannya, salah satunya untuk menghapus pemahaman masyarakat yang selama ini menganggap bahwa lapas adalah penjara.

“Padahal bukan hanya itu (penjara), namun di dalamnya ada pembinaan narapidana. Pembinaan ini artinya sangat luas. Sebagai contoh, salah satunya pelatihan keterampilan,” imbuhnya.(Lia)

BERITA REKOMENDASI