Layanan Cetak Mandiri, Inovasi Baru Dukcapil Klaten

KLATEN, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Klaten kembali melakukan terobosan baru. Yakni inovasi layanan online cetak mandiri dokumen kependudukan.

Plt Kepala Dinas Dukcapil Klaten, Sri Winoto, di sela sosialisasi secara daring, Selasa (1/12/2020) mengemukakan, inovasi tersebut, sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid 19, dengan meniadakan/mengurangi kerumunan warga yang minta pelayanan kependudukan.

Mulai 1 Desember 2020, Dukcapil Klaten mulai mengujicobakan penerapan sistem online untuk mencetak dokumen kependudukan. Warga tidak harus datang ke Dinas Dukcapil, sehingga tidak menimbulkan kerumunan massa.

Lebih lanjut Sri Winoto menjelaskan,Selasa (1/12/2020) pihaknya telah mensosialisasikan inovasi ini kepada desa kecamatan serta instansi horisontal di lingkungan Pemkab klaten melalui pelaksanaan zoom meeting. Sosialisasi ini diharapkan mendapatkan masukan dari berbagai pihak sekaligus untuk mempercepat langkah-langkah penerapan sistem pembuatan dokumen kependudukan online ini.

BERITA REKOMENDASI