Lebaran, Pengamen dan Pengemis Marak Berkeliaran di Sukoharjo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pengemis dan pengamen ditemukan banyak berkeliaran di jalan dan perumahan. Mereka sengaja datang saat musim lebaran. Keberadaan mereka meresahkan masyarakat dan sudah mendapatkan respon dari petugas dengan melakukan patroli wilayah.

Warga Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura Sugito, Jumat (30/6/2017) mengatakan, dalam satu pekan terakhir mulai satu hari sebelum dan sesudah lebaran sekarang banyak pengamen dan pengemis berkeliaran. Mereka mendatangi rumah di permukiman maupun di perumahan warga. Kedatangan mereka meresahkan karena masih banyak rumah dalam kondisi kosong ditinggal mudik.

Para pangamen dan pengemis juga datang hampir setiap hari meminta uang pada warga. Beberapa diantaranya bahkan membawa anak kecil dan lainnya memiliki penampilan menakutkan karena banyak terdapat tato pada tubuhnya.  

“Kalau ibu ibu lihat pengamen bertato jelas takut. Mereka hampir setiap hari keliling minta uang dari rumah ke rumah di Gumpang, Kartasura,” ujar Sugito.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan, saat lebaran memang rawan dimanfaatkan para pengemis dan pengamen untuk meminta uang pada masyarakat. Mereka beroperasi mulai di jalan raya, pasar hingga di perkumiman padat penduduk.

Para pengamen dan pengemis tersebut umumnya diketahui bukan warga asli Sukoharjo melainkan pendatang. Hal itu didapati petugas dalam berulang kali melakukan razia penertiban.

“Kami sudah lakukan pemantauan patroli wilayah. Namun posisi sekarang Satpol PP Sukoharjo memang masih fokus pada membantu pengamanan mudik lebaran,” ujar Heru Indarjo.

Satpol PP Sukoharjo sudah mengerahkan anggota baik dari Satpol PP, Linmas dan Kadar Siaga Trantib (KST) untuk melakukan patroli wilayah. Apabila ditemukan pengamen dan pengemis diharapkan langsung melakukan pembinaan.

Petugas akan melakukan pengarahan dan pembinaan terlebih dulu kepada para pengeman dan pengemis. Apabila nekat masih berkeliaran maka akan dilakukan penindakan lebih tegas dengan mengangkut mereka dan membawa ke kantor Satpol PP Sukoharjo.(Mam)

BERITA REKOMENDASI