Lelang Jabatan Kelar, Pelantikan Tinggal Menunggu Waktu

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Pengisian pejabat organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Boyolali sejak lama sudah menerapkan mekanisme berdasar kompetensi dan kualitas, salah satunya dengan mekanisme lelang jabatan.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Boyolali, Karsino, Senin (8/5) mengatakan, sebelum pengaturan Peraturan pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017 tentang menejemen pegawai negeri sipil (PNS) telah diterbitkan pemerintah diterbitkan akhir Maret lalu, Pemkab Boyolali sudah lama menerapkan mekanisme pengangkatan pejabat berdasar kualifikasi yang sesuai kompetensi yang dibidangi. Sehingga pejabat yang terpilih bisa benar-benar mengerti dan memahami tugas dan fungsinya.

Salah satu penerapannya, lanjut Karsino, yakni dengan lelang jabatan. Mekanisme ini akan memacu PNS yang berminat untuk berkompetisi secara terbuka sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya. 

Terkait lelang jabatan, beberapa waktu telah dilakukan lelang jabatan  pimpinan tinggi pratama (PTP) tiga OPD yang masih lowong, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar), serta Dinas Lingkungan hidup (DLH) Boyolali. saat ini sudah ada sembilan nama yang diajukan panitia seleksi (pansel) ke Bupati Boyolali untuk dipilih, masing-masing tiga nama untuk tiap dinas. “Lelang Jabatan 3 OPD kemarin, pendaftarnya mencapai 24 orang,” jelas Karsino.

Sebelumnya, Bupati Boyolali, Seno Samodro mengatakan, ia sudah mengantongi nama-nama hasil seleksi pansel yang direkomendasikan untuk mengisi jabatan kepala dinas di OPD yang masih kosong dan saat ini tinggak menunggu pelantikan yang akan dilakukan secara serentak.

Mengenai waktunya, bupati mengatakan, pelantikan masih menunggu kepulangan satu nama yang masuk dalam rekomendasi sebab saat ini yang bersangkutan masih melangsungkan ibadah di tanah suci. “Nama-nama yang masuk dan dipilih pastinya merupakan hasil rekomendasi pansel. Tentunya yang akan dipilih adalah yang terbaik,” tandasnya. (R-11)

BERITA REKOMENDASI