Libur Nataru, Infrastruktur di Sukoharjo Siap Digunakan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com -Infrastruktur baik jalan dan jembatan di Sukoharjo siap digunakan sebagai jalur transportasi saat menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Semua proses pembangunan yang menjadi kewenangan Pemkab Sukoharjo sudah selesai 100 persen. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Selasa (17/12) mengatakan, kebutuhan infrastruktur seperti jalan dan jembatan sudah dipenuhi Pemkab Sukoharjo. Proses pembangunan selama satu tahun terakhir telah berhasil diselesaikan 100 persen. Salah satu titik jalan penting digunakan masyarakat seperti Jalan Jenderal Sudirman, Sukoharjo. Jalan tersebut telah selesai diaspal ulang. 

“Secara teknis data yang tahu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo. Tapi secara umum infrastruktur sudah selesai dibangun dan siap digunakan masyarakat saat Nataru,” ujarnya. 

Khusus untuk jalan pembangunan tidak hanya dilakukan oleh Pemkab Sukoharjo saja, namun juga ada bantuan dari provinsi. Bahkan Pemerintah Desa dengan menggunakan dana desa juga ikut membangun jalan memberikan fasilitas infrastruktur bagi masyarakat. 

“Terkecuali jalan yang ada di perbatasan dan bukan jadi kewenangan Pemkab Sukoharjo. Kerusakan memang masih ada karena pembangunan jadi kewenangan pemerintah daerah lain. Soal itu sudah kami komunikasikan,” lanjutnya. 

Agus mengatakan, jalan yang masih rusak dan belum diperbaiki berada di wilayah perbatasan seperti di jalan depan Balai Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura dan jalan depan lapangan Desa Makamhaji atau tugu lilin Makamhaji, Kecamatan Kartasura. Kedua titik jalan menjadi kewenangan sepenuhnya Pemkot Solo. 

“Pada Nataru kemungkinan ada peningkatan arus lalu lintas kendaraan disejumlah wilayah. Pemkab Sukoharjo sudah merancang jalur transportasi jadi tidak hanya terkosentrasi di tengah kota namun dipecah dengan membangun jalur alternatif baru,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI