Libur Nataru, Jalur Kartasura Dipadati Kendaraan Pemudik

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kepadatan kendaraan pada saat arus mudik Natal dan Tahun Baru terjadi disejumah ruas jalan di wilayah perbatasan Sukoharjo – Boyolali di Jalan A Yani dan di Sukoharjo – Klaten di Jalan Solo – Jogja. Petugas gabungan melakukan pengaturan lalu lintas untuk memudahkan laju kendaraan dan menghindarkan kemacetan panjang. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Joko Indriyanto, Minggu (23/12) mengatakan, sudah ada peningkatan volume kendaraan melintas di wilayah perbatasan Sukoharjo khususnya Kartasura sejak Jumat (21/12) malam sampai Sabtu (22/12) petang. Kendaraan yang melintas didominasi mobil pribadi dan bus dari luar daerah keluar masuk di Kartasura.

Kendaraan tersebut dapat melintas dengan lancar dan terhindarkan dari kemacetan panjang setelah petugas gabungan seperti Polri, TNI dan Dishub melakukan pengaturan. Petugas turun ke jalan tidak sekedar mengatur lalu lintas kendaraan saja namun juga pemantauan sekaligus pengamanan terhadap masyarakat yang melakukan aktifitas mudik Natal dan Tahun Baru.

"Sudah ada pengaturan lalu lintas dari petugas namun apabila dibutuhkan maka akan kami lakukan pengaturan ulang timer atau waktu dibeberapa trafficlight di wilayah Kartasura mengingat kepadatan kendaraan pemudik sudah terlihat," ujarnya.

Dishub Sukoharjo belum menemukan terjadinya masalah lalu lintas di wilayah Sukoharjo pada arus mudik Natal dan Tahun Baru. Sebab petugas sudah disebar disejumlah wilayah untuk melaksanakan tugas pengaturan lalu lintas.

Pengaturan utama kendaraan dipusatkan di tiga posko pengamanan di Proliman Sukoharjo Kota, Bundaran Patung Pandawa Solo Baru, Grogol dan depan terminal lama Kartasura. Di masing masing posko sudah ditempatkan petugas gabungan dari berbagai instansi terkait.

"Mengingat padatnya kendaraan di jalan maka kami inggatkan pada masyarakat untuk mematuhi semua aturan lalu lintas. Jangan terpancing emosi dan melaju dengan kecepatan tinggi karena membahayakan pengguna jalan lainnya," lanjutnya.

Pemantauan juga dilakukan Dishub Sukoharjo dengan melihat kondisi lalu lintas melalui kamera cctv yang telah dipasang disejumlah wilayah. Petugas memantau setiap hari dan apabila menemukan masalah maka akan segera diselesaikan secepatnya.

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Zamroni mengatakan, kepadatan kendaraan terjadi disejumlah wilayah di Sukoharjo karena adanya libur panjang Natal dan tahun baru. Dampaknya seperti terjadi di wilayah Kecamatan Kartasura karena menjadi titik atau pintu masuk perbatasan dengan daerah lain. (Mam)

BERITA REKOMENDASI