Lintas Sektoral Dipastikan Siap Pengamanan Idul Fitri

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Lintas Sektoral (Linsek) di Kabupaten semuanya siap menjamin keamanan masyarakat dan kelancaran arus mudik dan balik lebaran tahun 2022. Kepastian tersebut diketahui setelah selesai digelar rapat koordinasi Linsek menghadapi Idul Fitri.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Rabu (27/04/2022) mengatakan, pengamanan mudik dan balik lebaran melibatkan banyak pihak. Semua Linsek dipastikan siap membantu baik dari kesiapan petugas maupun peralatan pendukung yang dibutuhkan.

Kesiapan juga dilakukan berkaitan dengan semua antisipasi apabila terjadi masalah pada pelaksanaan arus mudik dan bali lebaran. Salah satunya berkaitan dengan kepadatan hingga menyebabkan kemacetan panjang kendaraan pemudik.

Antisipasi dilakukan petugas dengan menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan. Titik kemacetan akan diurai dengan mengeluhkan pemudik menggunakan jalur lain yang telah disiapkan.

“Semua siap dan sebelumnya juga telah selesai digelar rapat koordinasi Linsek dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2022 di ruang Panjura Mapolres Sukoharjo, Selasa (26/4) kemarin,” ujarnya.

Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan bahwa Rakor Linsek merupakan rangkaian dari pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2022 di wilayah hukum Polres Sukoharjo.

“Jadi Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini dalam rangka Operasi Ketupat Kapuas 2022, dimana tujuannya adalah untuk melihat kesiapan Polri dan Instansi terkait dalam menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengungkapkan, guna pelaksanaan arus mudik dan lebaran dapat berjalan dengan lancar, pihaknya dari Polres Sukoharjo telah mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) di 3 titik. Yakni di Simpang 5 Sukoharjo, Bundaran Pandawa Solo Baru, dan Terminal Lama Kartasura.

Kepala Kesbangpol Sukoharjo Gunawan Wibisono, memberikan apresiasi kepada Polres Sukoharjo yang telah menyiapkan pengamanan mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022. “Kami selaku dari Pemerintah Daerah akan mensuport Operasi Ketupat Candi 2022 ini,” ujarnya.

Gunawan Wibisono menambahkan, karena tahun ini kran mudik telah dibuka, maka dimungkinkan akan terjadi kemacetan yang luar biasa. Semoga dengan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi ini akan memperlancar arus mudik maupun perayaan lebaran di wilayah Kabupaten Sukoharjo. (Mam)

BERITA REKOMENDASI