Lunas Pembayaran PBB, Pemkab Sukoharjo Beri Penghargaan 83 Desa dan Kelurahan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dua kecamatan dan 83 desa dan kelurahan berhasil lunas pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2021 sebelum jatuh tempo 30 September. Pemkab Sukoharjo mengapresiasi keberhasilan tersebut dengan memberikan penghargaan. Keberhasilan tersebut didapat tidak mudah mengingat penarikan pajak tetap dilakukan ditengah kondisi masih pandemi virus Corona.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kamis (25/11/2021) mengaku gembira untuk tahun ini ditengah pandemi virus Corona masih banyak jumlah penerima penghargaan PBB yang lunas. Bahkan dua kecamatan diantaranya yakni Kecamatan Bulu dan Kecamatan Tawangsari seluruh desanya lunas.

“Harapan saya penghargaan yang diterima tahun ini bisa terus dipertahankan dan untuk tahun-tahun selanjutnya bisa ditingkatkan sehingga dapat menjadi penyemangat atau motivasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan PBB kepada masyarakat,” ujarnya.

Etik Suryani menambahkan, pada tahun sebelumnya penghargaan atau hadiah hanya ditujukan kepada desa, kelurahan dan camat yang lunas PBB, pada tahun ini hadiah undian juga diberikan kepada petugas punggut PBB yang wilayahnya lunas PBB. Badan Keuangan Daerah (BKD) Sukoharjo diminta Etik Suryani untuk memperluas layanan pembayaran pajak PBB agar masyarakat lebih mudah lagi dalam melakukan pembayaran pajaknya.

“Terkait dengan pengenaan BPHTB sudah saya tekankan berulang kali bahwa parameternya adalah NJOP PBB. Amanah Perda Nomor 10 Tahun 2010 tentang BPHTB sudah jelas bahwa jika nilai transaksi susah didapatkan dan atau kurang dari nilai NJOP PBB maka yang dipakai adalah NJOP PBB,” lanjutnya.

Terkait hal ini Etik Suryani meminta pada BKD Sukoharjo agar dalam proses validasinya tidak menggunakan parameter lain selain NJOP PBB. “Saya perintahkan juga agar NJOP PBB tiap tahun selalu dievaluasi agar NJOP PBB nantinya benar-benar bisa menjadi parameter yang valid atau mendekati harga pasar,” lanjutnya.

Kepala BKD Sukoharjo RM Suseno Wijayanto mengatakan, kepala desa, lurah, dan camat yang memiliki kinerja baik menerima penghargaan dari Pemkab Sukoharjo. Dengan pemberian penghargaan tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi pelaku PBB di Sukoharjo untuk meningkatkan kinerja di tahun-tahun mendatang.

Menurutnya, hingga 18 November 2021, realisasi PBB Kabupaten Sukoharjo mencapai Rp 34,962 miliar dari target dalam Perubahan APBD 2020 sebesar Rp 33 miliar. Artinya, hingga 18 November realisasi PBB sudah melampaui target karena sudah mencapai 105,95 persen. Realisasi PBB tersebut akan naik hingga akhir bulan Desember 2021 mendatang. (Mam)

BERITA REKOMENDASI