Lutung di Lerang Merapi Turun Gunung, Pertanda Apa?

KLATEN, KRJOGJA.com – Sejak setengah bulan lalu beberapa ekor lutung mulai turun ke ladang warga. Belum diketahui dengan pasti apakah hal itu dikarenakan faktor makanan atau terkait peningkatan aktivitas Gunung Merapi.

Kepala Desa Tegalmulyo, Sutarno, Selasa (24/11) mengemuakakan, sekitar dua pekan lalu terdapat empat ekor lutung turun ke ladang warga. Karena jumlahnya hanya empat ekor, tidak sampai merusak tanaman. Lutung tersebut kini kadang bertengger di tebing-tebing. “Sekitar setengah bulan lalu, jadi malah sebelum adanya guguran lava yang kemarin,” kata Kades Tegalmulyo.

Terpisah, Kepala Resort Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Kemalang, Siswanto, mengemukakan, terdapat lima ekor lutung yang mendekat ke kemukinan. Hingga kini terus diamati apakah turunya lutung tersebut karena dampak dari peningkatan aktivitas Gungung Merapi, atau mungkin karena faktor ketersediaan makanan.

“Mestinya ketersediaan makanan masih ada di musim penghujan kan subur. Lutung kan makanannya daun-daunan. Tetap kita pantau apakah lutung ini hanya sekedar main di situ atau karena apa,” jelas Siswanto.

BERITA REKOMENDASI