Mahasiswa Baca Puisi Peringati Hari Sumpah Pemuda

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Peringatan Hari Sumpah Pemuda dilakukan belasan mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo bersama pensiunan guru sekaligus pegiat seni HD Sumarno. Aksi dilakukan dengan membaca puisi di bawah patung perjuangan di proliman Sukoharjo Kota.

Salah satu mahasiswa Univet Sukoharjo sekaligus peserta aksi  Catur Hari Mukti, Jumat (27/10/2017) mengatakan, ada banyak bentuk kegiatan dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia Univet Sukoharjo memilih melakukannya dengan aksi baca puisi. Lokasi dipilih di pinggir jalan tempat terbuka agar bisa disaksikan masyarakat.

Puisi dipilih karena menjadi bagian penting dalam media pembelajaran kepada masyarakat. Dalam puisi juga terkandung banyak makna dan nilai penting. “Generasi muda menjadi penerus bangsa. Kami sengaja aksi baca puisi ini untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda,” ujar Catur.

Peserta aksi ingin mencontoh para pejuang yang telah rela berkorban dengan kemerdekaan bangsa. “Kami juga ingin meniru semangat Eyang Sumarno (HD Sumarno) meski sudah pensiun tapi tetap semangat termasuk saat membaca puisi,” lanjutnya.

Catur mengatakan, HD Sumarno memiliki kecintaan pada karya cerpen dan cerkak. Bahkan dikumpulkan sampai menghasilkan satu buah buku. “Buku berisi berbagai cerpen dan cerkak itu kemudian dicetak dan dibagikan gratis kepada sekolah,” lanjutnya.

Pensiunan guru HD Sumarno mengatakan, koleksi cerpen dan cerkak didapat dari berbagai sumber. Kumpulan itu kemudian dijadikan buku dan sudah dicetak sebanyak 150 eksemplar. “Buku itu berisi cerpen dan cerkak baik yang saya tulis sendiri maupun saya kumpulkan dari berbagai sumber,” ujarnya.

HD Sumarno mengatakan, ingin menularkan kecintaan semangat kepada generasi muda dengan aksi turun ke jalan membaca puisi bersama. Kegiatan tersebut juga sekaligus untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. “Para pemuda kita harus bersemangat, belajar dari berbagai hal termasuk berkaitan dengan puisi,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI