Mahasiswa Papua di Klaten Merasa Aman

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Sebanyak 36 orang mahasiswa Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten asal Papua dalam kondisi aman dan nyaman. Hingga saat ini mereka tetap berada di Klaten dan mengikuti perkuliahan seperti biasa.

Wakil Rektor III Unwidha Ir Darupratomo MT mengemukakan, sebanyak 36 mahasiswa asal Papua tersebut tersebar di hampir seluruh program studi. Mereka mendapatkan pelayanan yang sama seperti halnya dengan mahasiswa asal daerah lain.

Para mahasiswa asal Papua tersebut kini tinggal berkelompok dengan cara mengontrak satu rumah, dan ada juga yang tinggal di tempat kos. “Adik-adik mahasiswa asal Papua ini baik-baik, tidak ada aktivitas yang menyimpang. Kami juga sudah berbincang-bincang dengan beberapa perwakilan, karena sekarang masih dalam liburan, jadi belum bisa bertemu dengan semuanya. Semoga setelah tanggal 9 nanti bisa kita agendakan berbicang secara keseluruhan,” kata Darupratomo, Selasa (03/09/2019).

Terpisah, Polres Klaten juga mengajak para mahasiswa asal Papua sarasehan di sebuah Resto di Klaten. Hal ini dilakukan untuk merajut kebersamaan dan menunjukkan bahwa mahasiswa Papua di Klaten dalam keadaan aman.

Acara yang berlangsung penuh keakraban tersebut dihadiri oleh Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi SIK MSi beserta seluruh Pejabat utama Polres. Para mahasiwa didampingi oleh Wakil Rektor I Unwidha Darupratomo dan Kabag Umum Warsino.

Selain untuk silaturahmi, kegiatan tersebut sekaligus sebagai upaya jajaran Polri untuk meredam situasi dan menciptakan perdamaian di seluruh wilayah Indonesia. Aries Andhi menegaskan, pihak Polres Klaten bersama seluruh masyarakat Klaten selama ini menerima mahasiswa asal Papua dengan tangan terbuka dan tidak pernah ada kejadian negatif.

Polres Klaten juga  menjamin keamanan warga maupun mahasiswa Papua yang tengah menempuh studi di Kabupaten Klaten. Untuk itu pihaknya mengajak seluruh elemen menjaga kondusivitas Klaten dan tidak mudah terprovokasi oleh berita hoax.

Dirman Uiara, mahasiswa asal Papua mengemukakan, keberadaan mereka di Klaten selama ini tidak pernah mendapatkan masalah. Di kampus maupun di lingkungan kos, mereka diterima dan mendapat perlakuan yang baik dari masyarakat Klaten.

"Saya dan teman-teman asal Papua di sini dalam keadaan aman. Saya sangat nyaman tinggal di Klaten karena orangnya sopan santun. Saya juga sudah merasa menjadi bagian dari warga Klaten sampai kami fasih berbahasa Jawa," kata Dirman Uiara. (Sit)

BERITA REKOMENDASI