Makanan Kadaluwarsa Ditemukan Beredar di Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Petugas dari tim gabungan Pemkab Sukoharjo melakukan inspeksi mendadak (sidak) disejumlah pusat perbelanjaan modern dengan sasaran produk makanan dan minuman menjelang Lebaran. Hasilnya ditemukan kemasan produk makanan dan minuman dalam keadaan rusak dan kadaluwarsa. Atas temuan tersebut petugas memberikan teguran keras dan meminta pihak pengelola pusat perbelanjaan modern melakukan penarikan produk agar tidak membahayakan masyarakat.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Jumat (22/5) mengatakan, tim gabungan yang terlibat dalam sidak yakni, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Kesehatan Kabupaten, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo. Petugas melakukan pemantauan produk makanan dan minuman dengan sasaran disejumlah pusat perbelanjaan modern di wilayah Kecamatan Baki, Grogol dan Sukoharjo.

Tim gabungan sengaja turun untuk memastikan produk makanan dan minuman yang dijual aman dikonsumsi masyarakat. Selain itu juga sebagai jaminan ketersediaan barang dan harga terkendali menjelang Lebaran.

Dalam sidak tersebut petugas dari tim gabungan mengecek semua produk makanan dan minuman satu persatu. Pengecekan dilihat baik dari tampilan fisik luar atau kemasan dan tanggal kadaluwarsa. Selain itu juga dicek kandungan bahan yang digunakan dalam produk tersebut.

Petugas menemukan pelanggaran berupa kondisi kemasan rusak sehingga berpengaruh pada kualitas produk makanan dan minuman. Temuan lain yakni adanya produk makanan dan minuman kadaluwarsa masih dipajang dan dijual secara umum pada masyarakat di pusat perbelanjaan modern.

Temuan tersebut didata dan disampaikan kepada pihak pengelola pusat perbelanjaan modern. Hal itu dilakukan sebagai pemberitahuan sekaligus penindakan terhadap kesalahan pihak pengelola pusat perbelanjaan modern.

BERITA REKOMENDASI