Maksimalkan PADes, Desa Ringin Larik Akan Bentuk BUMDes

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Maksimalkan pengelolaan keuangan desa, terutama untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes), Pemerintah Desa Ringin Larik, Kecamatan Musuk, ‎akan membangun BUMDes. 

Baca Juga: Selewengkan Dana Desa, Kades Banyurejo Resmi Tersangka

Kepala Desa Ringin Larik, Nanik Hariyani mengatakan, BUMDes yang akan dibangun ditujukan untuk mengelola berbagai usaha desa, baik yang sudah ada ataupun yang akan dibangun, agar pendapatan dari PADes bisa maksimal. Misal pengelolaan Pasar Kebon Luwak. Meski menjadi pasar terbesar dan paling ramai di wilayah Musuk, namun pendapatannya belum signifikan untuk menambah PADes. 

‎"Kita ingin bangun BUMDes agar pengelolaan usaha untuk meningkatkan kas desa lebih profesional," kata kepala desa yang baru terpilih tersebut. 

Selain pasar, BUMDes juga akan mengelola unit usaha lainnya, diantaranya penyewaan pendopo dan gedung serba guna. Saat ini, pihaknya juga ancang-ancang membangun kawasan wisata di embung milik PUDAM Boyolali yang pembangunannya hampir kelar. 

"Di sekitaran embung bisa menjadi ruang publik atau kawasan wisata air yang bisa dimanfaatkan untuk menarik pengunjung, sehingga akan ada perputaran ekonomi di sana," jelasnya.

Baca Juga: 123 Desa Belum Cairkan DD dan ADD

Pembangunan BUMDes di desa di lereng timur Merapi tersebut dinilainya mendesak aara tak tertinggal dengan desa-desa lainnya di Boyolali. BUMDes juga akan memanfaatkan SDM lokal dengan memberikan mereka kesempatan dan permodalan untuk memajukan desa. Transparansi pengelolaan keuangan desa juga akan ditingkatkan sehingga seluruh warga bisa terlibat dalam pengawasan. Pembangunan desa perlu dilakukan secara kolektif melibatkan seluruh elemen agar hasilnya maksimal. 

"Di desa ini rata-rata sudah lulusan SMA. Banyak juga yang sudah sarjana. Makanya potensi tersebut harus dimanfaatkan secara lebih terarahh untuk kemajuan desa," pungkasnya. (Gal)

BERITA REKOMENDASI