Malaysia Berlakukan Larangan, Ratusan PMI Sukoharjo Tertahan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sukoharjo tidak bisa berangkat ke Malaysia sebagai negara tujuan kerja. Penyebabnya karena faktor pandemi virus corona, serta larangan yang diberlakukan Malaysia terhadap Warga Negara Indonesia (WNI).

Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kesempatan Tenaga Kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo Sri Wahyuti, Selasa (8/9/2020), mengatakan, kebijakan baru dikeluarkan pemerintah Malaysia membuat PMI asal Sukoharjo semakin panjang menunda pemberangkatannya bekerja disana. Sebab sudah sejak lama setelah pandemi virus corona muncul ratusan orang PMI asal Sukoharjo terpaksa tidak jadi berangkat.

Kondisi tersebut disebabkan karena faktor pandemi virus corona yang belum berakhir hingga sekarang. Hal itu dimaklumi para PMI dan berharap pandemi virus corona cepat berakhir sehingga bisa segera diberangkatkan bekerja di Malaysia.

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo mencatat ada ratusan PMI asal Sukoharjo masuk daftar tunggu pemberangkatan kerja ke Malaysia. Namun sejak pandemi virus corona muncul mereka terpaksa menunda keberangkatannya.

“Penyebabnya karena faktor pandemi virus corona sehingga ratusan PMI asal Sukoharjo tidak bisa diberangkatkan. Disisi lain Malaysia juga baru saja mengeluarkan kebijakan larangan. Jadi terpaksa ditunda pemberangkatannya,” ujarnya.

Faktor lain penundaan pemberangkatan ratusan PMI asal Sukoharjo disebabkan karena belum selesainnya dokumen administrasi. Sebelum diberangkatkan maka para PMI wajib menyelesaikan terlebih dahulu.

“Penundaan pemberangkatan PMI asal Sukoharjo tidak hanya ke Malaysia saja, tapi ke sejumlah negara lain. Para pekerja sekarang kami minta tetap bersabar menunggu pandemi virus corona berakhir dulu dan menunggu kebijakan dari pemerintah pusat,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI