Masih Ada Penolakan Vaksinasi Covid-19, DKK Sukoharjo Gencar Sosialisasi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Penolakan vaksinasi virus Corona ditemukan disejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo. Penyebab penolakan salah satunya karena faktor terpengaruh informasi tidak benar atau hoax. Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo langsung bergerak cepat memberikan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat sasaran vaksinasi virus Corona.

Kepala DKK Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Kamis (21/10/2021) mengatakan, ada sekitar 1 hingga 2 persen dari jumlah sasaran vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo menolak divaksin. Temuan penolakan tersebut didapati DKK Sukoharjo disejumlah wilayah meliputi Kecamatan Mojolaban, Tawangsari, Polokarto, Weru dan Sukoharjo.

Penolakan ditemukan saat petugas melakukan vaksinasi virus Corona di wilayah tersebut. Masyarakat yang masuk dalam data sasaran vaksinasi virus Corona menolak divaksin. Penolakan datang dari kelompok atau komunitas tertentu. Sebaran penolakan merata di setiap kecamatan. Jumlah sasaran yang menolak divaksin juga bervariasi di masing-masing wilayah.

Yunia mencontohkan seperti di wilayah Kecamatan Sukoharjo penolakan vaksinasi virus Corona ditemukan dibeberapa titik. Tiap titik diperkirakan ada 100 hingga 200 orang sasaran menolak vaksinasi virus Corona.

“Total ada 300-an dan jumlah yang menolak vaksinasi virus Corona rata-rata sama di setiap kecamatan,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI