Masuk Sukoharjo, Pendatang Langsung Diperiksa Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pendatang yang masuk wilayah Sukoharjo akan langsung dilakukan pemeriksaan baik dokumen kependudukan maupun kondisi kesehatan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi tindak kriminal sekaligus pencegahan penyebaran virus corona selama libur panjang cuti bersama. Salah satu titik pemeriksaan dilakukan di terminal bus.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Kamis (29/10/2020), mengatakan, tim gabungan dari sejumlah pihak sudah dilibatkan dalam rangka pengamanan pelaksanaan libur panjang cuti bersama. Pemeriksaan langsung dilakukan secara ketat khususnya terhadap pedagang yang masuk wilayah Sukoharjo. Mereka diperiksa meliputi dokumen kependudukan, surat kendaraan dan kondisi kesehatan.

Tim gabungan yang terlibat seperti dari Polres, Kodim 0726, Dinas Kesehatan Kabupaten dan Dinas Perhubungan Sukoharjo. Petugas disebar disejumlah wilayah pemeriksaan salah satunya di terminal bus.

“Pendatang seperti saat melintasi wilayah perbatasan Sukoharjo maka langsung dilakukan pemeriksaan, termasuk juga di terminal bus. Jangan sampai ada penularan kasus virus corona,” ujarnya.

Pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan dilakukan dengan rapid tes maupun tes swab oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. Hasil tes nanti akan diketahui apakah pendatang tersebut dalam keadaan sehat atau sakit.

“Pendatang juga wajib jujur kepada petugas saat dilakukan pemeriksaan mengenai kondisi riwayat kesehatannya. Apakah sakit atau pernah kontak erat dengan kasus positif virus corona atau lainnya. Nanti akan dilakukan penanganan,” lanjutnya.

Bupati mengingatkan tentang pentingnya mencegah penularan kasus virus corona di Sukoharjo seperti sekarang. Sebab kondisi Kabupaten Sukoharjo audah masuk zona merah atau tingkat penularan virus corona tinggi. Adanya libur panjang diharapkan jangan sampai terjadi lonjakan kasus. (Mam)

BERITA REKOMENDASI