Masyarakat Diminta Waspadai Calo CPNS

Editor: Ary B Prass

SUKOHARJO, KRJOGJA.com- Masyarakat diminta waspada dan tidak mudah tertipu calo atau oknum yang menjanjikan bisa memasukan atau meluluskan seleksi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan membayar sejumlah uang.

Sebab seleksi digelar secara ketat melalui sistem online dan transparan langsung ditangani pemerintah pusat. Penentuan kelulusan diterima atau tidak bergantung dari hasil tes yang diikuti peserta. Masyarakat dipersilahkan melapor apabila ada calo atau oknum CPNS untuk segera ditangani oleh petugas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo, Kamis (12/8/2021) mengaku  kaget sekaligus prihatin dengan kabar pengungkapan kasus penipuan dilakukan tersangka JS sebagai calo CPNS. Kasus tersebut terungkap setelah ada laporan masyarakat dan tersangka JS sudah ditangkap Polres Sukoharjo.

Widodo mengatakan, kasus tersebut menjadi pelajaran berharga masyarakat untuk lebih waspada dan tidak mudah tertipu. Apalagi aksi yang dilakukan tersangka membuat puluhan orang korban menderita kerugian besar Rp 5 miliar lebih.

“Masyarakat diminta waspada dan tidak mudah tertipu calo atau oknum yang menjanjikan bisa memasukan menjadi CPNS dengan membayar sejumlah uang. Sebab seleksi digelar secara ketat melalui sistem online dan transparan langsung ditangani pemerintah pusat,” ujarnya.

Widodo menambahkan, pada tahun ini Pemkab Sukoharjo juga akan menggelar seleksi CPNS. Penerimaan dilakukan setelah pemerintah pusat memberikan kuota tambahan pegawai negeri untuk daerah. Tahapan pelaksanaan sudah berjalan dan tinggal menunggu waktu tes saja.

BERITA REKOMENDASI