Masyarakat Diminta Waspadai Hujan Lebat

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo meminta kepada masyarakat untuk waspada terhadap perubahan cuaca ekstrim berupa hujan deras disertai angin kencang dan petir. Kewaspadaan dilakukan setelah ada informasi dan rapat koordinasi resmi dari BPBD tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kepala BPBD Sukoharjo Suprapto, Rabu (20/07/2016) mengatakan, peringatan dari provinsi sudah ada. Selanjutnya petugas menginformasikannya kepada masyarakat. Mereka diminta untuk waspada terhadap segala bentuk perubahan cuaca secara ekstrim. Salah satunya yakni kondisi panas terik saat siang hari kemudian mendadak berubah mendung gelap dan hujan lebat.

“Perubahan cuaca ekstrim berpotensi di wilayah Jawa Tengah bagian barat. Termasuk di Kabupaten Sukoharjo jadi masyarakat kami minta selalu waspada terhadap hujan deras dan angin kencang yang bisa saja menjadi penyebab bencana alam baik banjir maupun pohon tumbang,” ujar Suprapto.

Dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Sukoharjo kondisi cuaca ekstrim tersebut sudah muncul. Bahkan disejumlah wilayah sudah merasakan dampaknya dengan adanya banjir dan pohon tumbang. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban baik jiwa maupun luka. (Mam)

BERITA REKOMENDASI