Masyarakat Pilih Beli Hewan Kurban dari Peternak

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Kenaikan harga sapi dan kambing di pasar hewan membuat masyarakat lebih tertarik membeli langsung ke peternak. Cara tersebut dilakukan sebagai usaha menekan biaya pengeluaran demi bisa mendapat hewan kurban yang besar untuk disembelih saat Idul Adha.

Peternak sapi asal Polokarto, Suharto mengatakan, dalam dua hari terakhir banyak warga baik perseorangan maupun perwakilan kelompok datang untuk sekedar bertanya atau melakukan transaksi pembelian langsung sapi kurban. Harga yang ditawarkan masih terjangkau pada kisaran Rp 17 juta per ekor, harga tersebut dilirik pembeli karena dianggap masih murah untuk dibeli.

Harga seekor sapi di pasar hewan sekarang bisa lebih dari Rp 20 juta. Kenaikan terjadi karena para pedagang sengaja mencari untung lebih. Selain itu pedagang juga memiliki stok sapi terbatas untuk dijual, mereka harus mendatangkan sapi tambahan dari peternak.

“Sekarang tren masyarakat memilih membeli sapi atau kambing untuk hewan kurban langsung ke peternak karena harganya lebih murah dan ukuranya besar. Kalau beli ke pedagang hewan kurban sekarang sudah naik karena Idul Adha tinggal sebentar lagi,” ujar Suharto kepada KRjogja.com, Sabtu (10/09/2016).

Suharto mengatakan, sapi yang sudah dibeli bisa langsung diantar pulang sesuai alamat pembeli atau dititipkan sementara ke peternak. Pengiriman baru akan dilakukan satu hari sebelum Idul Adha.

Peternak sapi asal Tawangsari, Darno mengatakan, dirinya yang memiliki lima ekor sapi sudah ditawar oleh pembeli. Mereka berasal dari warga sekitar tempat tinggalnya. Namun ada beberapa datang jauh dari luar kecamatan.

“Tiga ekor sudah laku. Per ekor Rp 17,5 juta. Dua ekor sapi sisanya tidak saya jual karena buat dipeliharan lagi sebagai indukan,” ujar Darno. (Mam)

BERITA REKOMENDASI