Mei Masih Hujan, Masyarakat Diminta Waspada Bencana Alam

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Masyarakat diminta waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem dalam beberapa hari kedepan berupa hujan deras dan angin kencang yang rawan bencana alam. Sebab dua hari sebelumnya curah hujan tinggi dan angin kencang menyebabkan beberapa wilayah terdampak banjir. Air menggenangi jalan, pemukiman penduduk dan sawah karena sungai dan saluran tidak lagi mampu menampung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto, Rabu (26/5) mengatakan, fenomena alam yang terjadi sekarang sangat sulit diprediksi. Sebab dari perkiraan cuaca sebelumnya akhir Mei seharusnya sudah masuk peralihan musim dari hujan ke kemarau, namun yang terjadi sekarang justru ada peningkatan kembali curah hujan. Padahal sebelumnya curah hujan sempat menurun dan cuaca terik panas dalam beberapa hari.

Peningkatan curah hujan terlihat dalam dua hari terakhir dibeberapa wilayah di Sukoharjo. Cuaca ekstrem juga disertai angin kencang. Kondisi tersebut mengakibatkan terjadi banjir hingga menggenangi jalan, perkampungan dan sawah.

BERITA REKOMENDASI