Mei Masih Hujan, Masyarakat Diminta Waspada Bencana Alam

Curah hujan tinggi membuat air tidak lagi tertampung di sungai dan saluran. Banjir terjadi dalam kurun waktu bervariasi mulai beberapa menit hingga jam air baru surut. Beruntung akibat hujan deras dan angin kencang tidak sampai menyebabkan adanya kerusakan rumah warga maupun korban jiwa atau luka.

“Cuaca dalam dua hari terakhir terjadi hujan deras dan angin kencang dibeberapa wilayah berdampak banjir. Masyarakat kami minta mewaspadai perubahan cuaca ekstrem karena memang sangat sulit diprediksi dimana diperkirakan sebelumnya akhir Mei sudah masuk peralihan hujan ke kemarau tapi sekarang justru curah hujan meningkat,” ujarnya.

BPBD Sukoharjo meminta pada masyarakat untuk selalu waspada penuh terhadap perubahan cuaca ekstrem. Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi jatuhnya korban baik luka maupun jiwa dari fenomena alam.

“Semisal banjir maka penanganannya harus cepat dimana bisa terjadi pada warga karena rumah terendam air atau sawah dimana banjir bisa merusak tanaman padi petani,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI