Mencicipi Kuliner Daging Ayam Kalkun Dengan Bumbu Khas Boyolali

Editor: Agus Sigit

BOYOLALI, KRjogja.com – Tidak hanya terkenal sebagai kota susu, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang berada di sisi timur lereng Gunung Merapi juga terkenal dengan berbagai kuliner yang mempunyai rasa khasnya. Satu kuliner yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke Kabupaten Boyolali adalah menu olahan daging ayam kalkun, seperti, barbeque kalkun, sup kalkun, snizer kalkun, dan sate kalkun.

Sajian yang terbilang unik dan masih jarang kita jumpai ini selain memiliki sensasi rasa tersendiri, daging ayam kalkun diyakini lebih sehat dan aman dikonsumsi untuk segala usia karena rendah kolesterol. Menu kuliner ini hanya bisa anda dapatkan di sebuah resto yang dulu bekas pabrik makanan tradisonal brem yang berada di Dukuh Kebonso, Kelurahan Pulisen, Boyolali Jawa Tengah.

Resto ini menyajikan berbagai menu masakan daging ayam kalkun salah satunya yang paling banyak diminati pelanggan adalah barbeque kalkun.

“ Kita dulu sebagai peternak ayam kalkun dan berinofasi masakan yang berbahan bku ayam kalkun,” kata pemilik resto Moh Yomasaat, saat ditemui direstonya Jumat (7/1/2022).

Untuk mendapatkan cita rasa barbeque sempurna, daging ayam kalkun yang lebih tebal digoreng dua kali, gorengan pertama dengan minyak panas, sedangkan gorengan kedua menggunakan para sambil dilumuri saus khusus dan bumbu rempah lainnya.

“Cara masak kita paling beda dan menggunakan bumbu khas sehingga tidak ada bau amis,”ucapnya.

Tak hanya lezat, daging ayam kalkun dengan tektur lembut diyakini dapat menambah imun dan aman dikonsumsi untuk segala usia karena rendah kolesterol.

“Daging ayam kalkun ini sangat pas di nikamti saat masa pandemi covi-19,”ujarnya.

Tempat kuliner yang terbilang baru ini sudah menjadi tujuan bagi pencinta kuliner dari berbagai daerah. seperti Solo, Semarang, dan kota kota lainnya. Harga menu masakan daging ayam kalkun relatif terjangkau, untuk satu porsi hanya dibanderol antara Rp. 20.000 hingga Rp. 40.000.

“Dalam seminggu kita bisa menghabiskan lebih dari 4 ekor ayam kalkun berukuran besar,”tandasnya.

Sementara salah satu pencita menu masakan daging ayam kalkun Ratri Survivalina menjelaskan bahwa masakan di sini mempunya rassa yang berbeda dibandingkan dengan yang lain.

“Dagingnya empuk, enak dan tidak amis harga standar,” ucapnya. (M-2)

 

BERITA REKOMENDASI