Mendikbud Ingatkan Guru Harus Profesional

Editor: Ivan Aditya

KLATEN (KRjogja.com) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berjanji akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan. Untuk itu ia mengajak para guru untuk bekerja lebih profesional.

“Sekolah itu kuncinya ada di guru, kurikulum itu mau dibikin apa saja, kalau gurunya memble dan tidak cakap, percuma saja. Namun sebaliknya jika kurikulumnya tidak bagus tapi gurunya bagus dan profesional maka tetap jalan,” ujar Muhadjir disela kunjungan kerja di SMK Muhammadiyah 1 Klaten, Rabu (10/08/2016).

Guru profesional yang dimaksud adalah guru yang ahli dalam bidangnya dan memiliki rasa tanggung jawab sosial yang tinggi karena di tangan guru itulah masa depan bangsa bergantung. Disinggung mengenai gagasannya tentang model pendidikan sekolah sehari penuh (full day school), Muhadjirin mengatakan tetap akan melanjutkan secara bertahap. Artinya, program itu akan diterapkan di sekolah yang menjadi pilot project.

“Dari pilot project itu nanti akan dilihat kelebihan dan kekurangannya. Jika berdampak baik bisa diterapkan di sekolah lainnya. Atau mungkin sebaliknya (kurang baik), (program) tidak jadi dilanjutkan,” ujarnya.

Dalam kunjungan kerjanya di Klaten itu, selain menyambangi beberapa sekolah SMK, Mendikbud juga berkesempatan menyambangi industri pengecoran logam di Batur, Ceper, Klaten bersama Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto. Dalam kesempatan itu, Airlangga mengapresiasi potensi industri tersebut karena mampu menghasilkan produk berkualitas. Untuk itu dalam pengembangannya menjadi tanggungjawab lintas sektoral. (M-7)

BERITA REKOMENDASI