Menjelang Puasa, Pemkab Sukoharjo Siapkan Aturan Jam Buka Usaha

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo siapkan aturan tentang jam buka usaha tempat hiburan, restauran dan rumah makan selama puasa ramadhan. Aturan tersebut sekarang sedang dipersiapkan dan kemungkinan akan dikeluarkan secepatnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Minggu (14/05/2017) mengatakan, persiapan sudah dilakukan berkaitan dengan aturan jam buka usaha tempat hiburan, restauran, dan rumah makan selama puasa ramadhan seperti tahun sebelumnya. Diperkirakan surat edaran sudah disebar kesemua pihak sebelum puasa ramadhan.

“Setiap puasa ramadhan jelas ada surat edaran resmi dari Pemkab Sukoharjo kepada para pengelola usaha tempat hiburan, restauran dan rumah makan. Termasuk juga para camat, lurah dan kepala desa ikut diberikan agar membantu menjaga wilayahnya tetap kondusif selama puasa ramadhan,” ujar Agus Santosa.

Surat edaran jam buka usaha tersebut penekanannya yakni untuk pengelola tempat hiburan, restauran dan rumah makan tidak membuka kegiatan usaha pada tujuh hari awal puasa ramadhan dan tujuh hari akhir puasa ramadhan. Selain itu saat membuka usaha untuk tidak melakukanya secara terbuka atau transparan.

Selain itu juga dijelaskan mengenai jam buka bagi cafe, pub, diskotik, hiburan malam tidak diperkenankan buka siang selama satu bulan penuh selama puasa. Mereka hanya diperbolehkan membuka usaha saat malam hari.

“Untuk sekarang kami sudah meminta kepada camat, lurah dan kepala desa untuk menjaga kondusifitas wilayahnya masing masing menjelang puasa ramadhan sambil menunggu surat edaran tersebut,” lanjutnya.

Salah satu wilayah yang perlu mendapatkan perhatian serius yakni di Kecamatan Grogol. Agus melihat disana sangat penting bagi camat turun langsung ke lapangan menjaga kondusifitas karena banyaknya usaha berupa tempat hiburan, restaurant, rumah makan, karaoke dan lainnya. “Kami tekankan situasnya harus tetap kondusif demi menghormati pelaksanaan ibadah puasa ramadhan nanti,” lanjutnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Heru Indarjo menambahkan, pihaknya terus melakukan pengawasan lapangan untuk menjaga situasi tetap kondusif. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menghadapi datangnya bulan puasa ramadhan.

“Patroli lapangan terus kita lakukan sambil menunggu turunnya surat edaran dari bupati yang mengatur tentang jam buka usaha selama puasa ramadhan,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI