Meski di Level 3, Masyarakat Dihimbau Waspada dengan Gunung Merapi

Editor: Agus Sigit

BOYOLALI, KRjogja.com – Gunung Merapi yang berbatasan langsung dengan wilayah Jogjakarta, Magelang,Klaten dan Boyolali kini masuk pada siaga level 3(tiga). Beberapa tahun ini sering mengeluarkan semburan awan panas.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Boyolali Widodo Munir meminta terhadap warga di lereng Gunung Merapi untuk tetap waspada sewaktu waktu merapi mengalami erupsi. Pihaknya juga menghimbau terhadap warga untuk tidak melakukan penambangan pasir di Kali Apu.

“Waspada perlu dilakukan dan warga yang melakukan penambangan pasir di Kali Apu harus mewaspadai bila sewaktu waktu terjadi banjir lahar dingin. Karena Kali Apu tersebut Kali yang berhulu dengan merapi, “jelasnya kepada wartawan, Selasa (7/12/2021) di BPBD setempat.

Terkait hal itu, pihak BPBD meminta masyarakat yang biasa melakukan penambangan manual di Kali Apu untuk menyadari terkait perkembangan cuaca exstrim pada Desember tahun ini.

“Jadi terkait penambangan sudah saya diskusikan terhadap camat di Selo. Agar yang melakukan penambangan tersebut sadar bahaya banjir lahar dingin. Karena Desember Januari ini masih puncaknya hujan,”ujar dia.

Menurutnya, pontensi bencana alam saat ini sebenarnya bukan erupsi namun lahar dingin. Sementara untuk wilayah Boyolali relatif aman.

“Ya, kalau menurut informasi dari BPPTKG Yogyakarta kalau Boyolali relatif aman. Yang kita waspadai justru banjir lahar dingin. Karena curah hujan masih tinggi dan tidak menentu, “pungkasanya. (M-2)

 

 

BERITA REKOMENDASI