Metal Detektor Mulai Dipasang di Gereja

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemasangan metal detektor dan pemeriksaan tas jemaat gereja akan dilakukan Polres Sukoharjo. Di setiap gereja juga akan ditempatkan polisi bersenjata lengkap. Pengamanan ketat dilakukan polisi untuk menjamin pelaksanaan perayaan Natal berjalan aman.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Sabtu (23/12/2017) mengatakan, persiapan pengamanan Natal sudah dilakukan. Mulai dari mengumpulkan dewan gereja, meminta jadwal kegiatan, sampai pengecekan langsung lokasi perayaan natal. Polisi sengaja datang untuk memastikan pengurus atau panitia perayaan natal telah siap dengan kegiatan yang akan digelar. Selain itu juga sebagai langkah dini mengetahui kesiapan polisi dalam membantu pengamanan.

Polres Sukoharjo sudah melakukan pemetaan wilayah khususnya berkaitan dengan keberadaan gereja dan jadwal kegiatan perayaan natal. Pengamanan akan dilakukan dengan mengerahkan ratusan polisi bersenjata. Bahkan pasukan dari satuan anjing pelacak juga diterjunkan.

“Pengamanan akan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Juga apabila dibutuhkan berencana memasang metal detektor. Namun bila tidak maka polisi akan meminta izin pengurus atau dewan gereja untuk melakukan pemeriksaan tas bawaan jemaat,” ujar Iwan Saktiadi.

Pada perayaan Natal tahun ini Kapolres meminta kepada masyarakat untuk tenang dan menjaga kondusifitas daerah secara bersama. Sebab Sukoharjo sampai sekarang masih aman dan tidak ada gangguan menonjol.

Dewan Harian Gereja Hati Kudus Sukoharjo Sarwidi mengatakan, sudah melakukan persiapan baik dari kegiatan maupun pengamanan. Para jemaat juga sudah mendapatkan sosialisasi agar tidak membawa barang membahayakan dan akan dilakukan pemeriksaan oleh polisi terhadap tas bawaan saat masuk ke gereja.

“Pemeriksaan tas jemaat tidak masalah. Sebab setiap tahun saat perayaan Natal juga sudah diberlakukan polisi,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI