MIN 2 Sukoharjo Bagikan Daging Kurban Pakai Daun Pisang

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo terus mengkampanyekan tidak lagi menggunakan kantong plastik sebagai wadah pembungkus makanan dalam kegiatan di madrasah. Madrasah sengaja mengganti menggunakan bahan alam seperti daun dan kertas. 

Kepala MIN 2 Sukoharjo Wiretnoningsih Nur Hayati, Selasa (13/8) mengatakan, MIN 2 Sukoharjo baru saja mendapatkan penghargaan Madrasah Adiwiyata Nasional dari pemerintah beberapa waktu lalu. Sedangkan tahun ini MIN 2 Sukoharjo menuju ke Madrasah Adiwiyata Mandiri. Keberhasilan tersebut membuat pihak madrasah harus terus mengkampanyekan menjaga lingkungan. Salah satunya dengan mengurangi atau bahkan tidak lagi menggunakan kantong plastik sebagai wadah pembungkus makanan.

Perubahan tersebut sudah dilakukan MIN 2 Sukoharjo sejak lama dan terus berjalan hingga sekarang. Termasuk dalam kegiatan pembagian daging kurban pada perayaan Idul Adha tahun ini. Pihak madrasah menggunakan bahan alam berupa daun pisang dan jati untuk membungkus daging kurban. Sedangkan kemasan diluar menggunakan tas hasil karya siswa menggunakan bahan baku kertas karton.

"Daun pisang dan jati disediakan pihak madrasah sedangkan siswa membuat tas dari kertas karton sebanyak 600 buah. Semua ramah lingkungan dan tidak lagi menggunakan kantong plastik. Sebab madrasah kami setelah juara Madrasah Adiwiyata Nasional sekarang sedang menuju ke Madrasah Adiwiyata Mandiri,” ujarnya.

Penghargaan yang sudah diraih harus menjadi tanggungjawab MIN 2 Sukoharjo untuk bisa terus menjaga lingkungan. Bahkan keberadaan kantong plastik sekarang sudah tidak lagi ditemukan dilingkungan madrasah. "MIN 2 Sukoharjo sekarang dalam rangka menuju ke Madrasah Adiwiyata Mandiri harus memiliki tujuh sekolah binaan untuk diarahkan menjaga lingkungan,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI