MIN II Sukoharjo Juara Jambore Penggalang Ramu SD/MI

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) II Sukoharjo meraih juara umum Jambore Penggalang Ramu SD/MI tingkat Kabupaten Sukoharjo. Prestasi tersebut diraih dengan melalui persiapan panjang. 

Pembina Pramuka MIN II Sukoharjo Prima Pamungkas, Jumat (4/10/2019) mengatakan, Jambore Penggalang Ramu SD/MI digelar oleh Kwarcab Kabupaten Sukoharjo di lapangan Kotakan, Bakalan, Polokarto pada 27-29 September. MIN II Sukoharjo maju ikut serta dalam jambore mewakili kelompok putra Kecamatan Sukoharjo. 

MIN II Sukoharjo sengaja ditunjuk Kwaran Kecamatan Sukoharjo Kota karena memiliki kesiapan dan pengalaman. Sistem penunjukan tersebut berbeda dengan kecamatan lain karena harus melalui seleksi. Setelah resmi maju maka langsung dilakukan persiapan. Butuh waktu panjang dan proses lama untuk mempersiapkan dengan target juara dalam jambore. 

“Persiapan MIN II Sukoharjo maju jamboree sekitar satu bulan dengan menggadakan pembinaan untuk anak anak dan pembuatan perkampungan dilembur sampai pagi,” ujarnya. 

Siswa MIN II Sukoharjo saat maju lomba membuat gapura pramuka terbuat dari botol air mineral bekas. Bahan tersebut sengaja digunakan mengingat MIN II Sukoharjo merupakan madrasah adiwiyata nasional. 

“MIN II Sukoharjo mendapat juara I perkampungan dan juara 1 penjelajah dan dinobatkan sebagai juara umum tingkat kabupaten,” lanjutnya. 

Kepala MIN II Sukoharjo Wiretnoningsih Nurhayati mengatakan, pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib di MIN II Sukoharjo. MIN II Sukoharjo melakukan persiapan dengan matang dan serius dengan target juara. 

Persiapan dilakukan MIN II Sukoharjo dengan seleksi terhadap siswa untuk diikutikan lomba. Siswa terpilih kemudian dilatih lebih serius menjelang pelaksanana jambore. “Pramuka sudah bukan hal baru di MIN II Sukoharjo karena wajib bagi siswa dan gelar juara ini membanggakan,” ujarnya. (Mam) 

BERITA REKOMENDASI