Minat Pelaku UMKM Minta Pelatihan Usaha Ternyata Cukup Tinggi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo kebanjiran permintaan pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Materi yang diajukan mulai dari pelatihan membuat produk, pemasaran dan permodalan. Hal tersebut terjadi setelah masyarakat membutuhan kelanjutan hidup ditengah pandemi virus corona.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo, Sutarmo, Rabu (30/9/2020), mengatakan, pelatihan diajukan baik dalam bentuk perorangan maupun kelompok usaha dan kelompok pemberdayaan masyarakat. Pelaku UMKM yang mengajukan pelatihan juga bervariasi mulai dari yang sudah lama berdiri hingga baru saja muncul ditengah pandemi virus corona.

Para pelaku UMKM tersebut meminta bantuan kepada Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo untuk memberikan pelatihan diberbagai bidang. Mulai dari pembuatan produk, pemasaran dan permodalan. Selain itu tidak kalah penting yakni akses mendapatkan bantuan untuk keberlangsungan usaha.

“Pada posisi sekarang semakin banyak muncul pelaku UMKM dan kami banyak menerima permintaan pelatihan. Kami fasilitasi dengan berbagai bentuk materi seperti produk, pemasaran dan permodalan. Termasuk pula akses bantuan pemerintah mengingat ditengah pandemi virus corona banyak yang membutuhkan,” ujarnya.

Dalam pelatihan tersebut dilakukan secara berkelompok menyesuaikan bentuk usaha pelaku UMKM. Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo juga melibatkan pihak terkait untuk membantu pelatihan kepada UMKM sesuai materi yang disampaikan.

BERITA REKOMENDASI