Minim Pasokan, Harga Cabai di Sukoharjo Masih Tinggi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Harga cabai usai perayaan Natal dan menjelang tahun baru terus mengalami kenaikan disebabkan faktor tingginya permintaan dan minimnya pasokan dari petani akibat terpengaruh cuaca hujan. Harga tertinggi terjadi pada jenis cabai merah keriting Rp 60.000 per kilogram. Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo terus melakukan pengawasan dan meminta tambahan pasokan cabai ke pusat untuk menambah stok dan menekan harga.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo, Sutarmo, Senin (28/12/2020), mengatakan, harga cabai berbagai jenis sekarang masih tinggi dipasaran. Penyebabnya karena faktor tingginya permintaan masyarakat dan pengaruh cuaca hujan sehingga menyebabkan hasil panen cabai petani mengalami penurunan.

Tingginya permintaan cabai masyarakat sekarang dipengaruhi karena faktor bersamaan perayaan Natal. Disisi lain juga banyak warga menggelar acara hajatan. Stok cabai yang ada ditingkat pedagang di pasar tradisional diborong dibeli dan membuat harga mengalami kenaikan akibat stok barang terbatas. Kalaupun ada penambahan masih belum memenuhi kebutuhan.

BERITA REKOMENDASI