Mudik Lebaran, Tol Soker Jadi Jalur Alternatif

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Pembangunan Tol Solo – Kertosono (Soker) di ruas Boyolali – Ngawi sepanjang 65 km, saat ini masih terus dikejar agar siap untuk digunakan sebagai jalur alternatif untuk mudik dan arus balik lebaran.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Teknis Konstruksi Tol Soker, Bedru Cahyono, Jumat (9/6) menerangkan, masih ada beberapa titik di sepanjang jalur yang masih berupa lean concrete (LC) saja, yakni lapisan beton yang menjadi landasan rigid beton. Namun secara umum, saat ini persiapan tol untuk jalur mudik tinggal penyempurnaan saja, terutama untuk pembangunan ruas jalan tol agar nyaman dilewati kendaraan. "Nanti pada H-10 sudah siap dan bisa digunakan sebagai salah satu jalur mudik,” terang Bedru.

Bedru menjelaskan karena masih banyak sarana dan prasarana tol yang belum dibangun, Bedru menegaskan bahwa Tol Soker untuk jalur mudik kali ini sebagai jalur alternatif saja, yakni untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju arah Jawa Timur dan sebaliknya saat arus balik. 

Sebab secara teknis, kondisi Tol Soker dengan pintu masuk di Ngasem, Karanganyar, tersebut saat ini sebenarnya memang belum siap operasional secara penuh namun sudah bisa difungsikan. "Tol soker menjadi jalur alternatif pemudik saja. Kendaraan juga hanya diperbolehkan melintasi Tol Soker pada siang hari saja,” tambahnya. (R-11)

BERITA REKOMENDASI