Musim Kemarau, Masyarakat Diminta Antisipasi Kerawanan Kebakaran

Penyebab kebakaran dikatakan Heru karena adanya faktor kelalaian manusia. Sebab saat membakar sampah warga meninggalkan begitu saja tanpa memastikan lebih dulu api sudah padam. Akibatnya api merembet dan membesar hingga membakar lingkungan sekitar.

“Bagian Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo mencatat terhitung sejak Januari hingga Juli 2021 ada 41 kasus kebakaran,” ujarnya.

Angka kasus kemungkinan masih bisa bertambah hingga September ini karena tingginya kerawanan kejadian kebakaran mengingat kondisi musim kemarau. Masyarakat diminta tidak melakukan pembakaran sampah dan lahan serta mengecek ulang instalasi listrik untuk meminimalisir terjadinya kebakaran.

Heru Indarjo menjelaskan, situasi yang dihadapi pada sekarang ini berbeda dibanding tahun lalu karena bersamaan dengan pandemi virus corona. Kondisi tersebut membuat banyak aktivitas warga berada di rumah. Sedangkan kegiatan masyarakat seperti kerumunan massa tidak terlihat karena adanya larangan sebagai usaha pencegahan penyebaran virus corona.

“Deteksi dini perlu dilakukan masyarakat terkait bahaya ancaman kebakaran. Salah satunya mengecek instalasi kabel listrik. Itu sangat penting mengingat kasus kebakaran sering disebabkan korsleting listrik,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI