Musim Kemarau, Masyarakat Diminta Antisipasi Kerawanan Kebakaran

Pengecekan instalasi listrik bisa dilakukan warga di rumah ataupun para pelaku usaha. Tidak terkecuali bangunan lain seperti sekolah dan perkantoran. Hal itu penting untuk memastikan tidak terjadi korsleting listrik yang bisa menyebabkan kasus kebakaran.

“Aktivitas warga ditengah pandemi virus corona banyak di rumah dan itu mempermudah pemantauan. Tapi bangunan lain seperti sekolah, tempat usaha dan perkantoran yang kosong karena tidak ada aktivitas maka perlu dicek ulang sebagai pencegahan kebakaran,” lanjutnya.

Pengecekan juga diminta petugas terhadap alat pemadam kebakaran yang sudah dimiliki baik sekolah, tempat usaha dan perkantoran. Heru mengatakan, pengecekan penting untuk memastikan kelayakan alat pemadam kebakaran sehingga bisa siap digunakan saat ada kejadian.

Antisipasi kebakaran juga diminta Satpol PP Sukoharjo kepada masyarakat dengan tidak melakukan aktivitas pembakaran sampah. Larangan serupa juga berlaku di pekarangan dan hutan karena api rawan merembet dan menyebabkan kebakaran.

Penerapan tersebut sengaja dilakukan sebagai antisipasi munculnya kasus kebakaran disaat musim kemarau sekarang. Satpol PP Sukoharjo sudah sering turun ke masyarakat memberikan sosialisasi bentuk pencegahan kebakaran.

“Semua aktivitas pembakaran sampah termasuk di wilayah pegunungan Batu Seribu, Bulu, hutan dan perkebunan di wilayah Kecamatan Tawangsari dan Kecamatan Weru serta wilayah lain sebagai antisipasi kebakaran karena sudah masuk musim kemarau,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI