Musrembang RKPD Libatkan Masyarakat

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Perencanaan program pembangunan perlu melibatkan seluruh komponen masyarakat sampai lapisan paling bawah. Seperti dilakukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019.  

Hal itu dilakukan agar tata kelola pemerintahan menjadi lebih baik dengan mengedepankan unsur pelaksanaan pembagunan jangka pendek, menengah dan panjang.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelbangda) Sukoharjo Achamad Hufroni, Selasa (27/03/2018) mengatakan, RKPD merupakan satu dokumen rencana resmi daerah yang dipersyaratkan bagi mengarahkan pembangunan daerah dalam jangka waktu satu tahun ke depan yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Janhka Menengah Daerah (RPJMD). 

Karena itu, kata Hufroni RKPD tahun 2019 memuat langkah langkah untuk mendukung terwujudnya masyarakat Sukoharjo yang sejahtera, maju dan bermartabat didukung pemerintah yang profesional yang menjadi visi Kabupaten Sukoharjo dalam RPJMD 2016 – 2021. 

"Tujuan Mesrenbang RKPD ini tersusunta penetapan arah kebijakan, prioritas pembangunan dan plafon pagu dana indikatif berdasarkan fungsi bidang bagi OPD," ujar Hufroni.

Konsep pembangunan Tahun 2019 nanti menitikberatkan pada sejumlah skala prioritas. Seperti penanggulangan kemiskinan, penguatan daya saing ekonomi daerah, tata kelola pemerintahan, ketahanan pangan, kualitas hidup dan daya saing SDM, kesenjangan wilayah, pengelolaan sumber daya alam lingkungan hidup dan penanggulangan bencana.

Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi mengatakan, menyusun program pembangunan tidak mudah. Sebab perlu perencanaan matang dan pembahasan bersama dengan melibatkan semua pihak sampai lapisan masyarakat paling bawah.

Pemkab Sukoharjo sudah memfasilitasi penyelenggaraan musyawarah mulai dari tingkat desa yakni Musrenbangdes, tingkat kecamatan Musrenbangcam dan tingkat kabupaten Musrenbangkab. Disetiap penyelenggaraan petugas melibatkan semua unsur sampai tersusun dalam satu konsep jelas program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang.

"Usulan dari bawah sekalipun tingkat RT/RW sangat diperlukan dalam menyusun program perencanaan pembangunan. Maka dari itu setiap Musrenbang libatkanlah semua elemen," ujar Purwadi. (Mam)

BERITA REKOMENDASI