New Normal, SMPN 1 Jogonalan Gunakan Sistem Shift

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – SMPN 1 Jogonalan, Kabupaten Klaten mulai menyusun konsep kegiatan belajar mengajar (KBM) sebagai persiapan menyongsong kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19. Proses KBM secara protokoler mengikuti arahan pemerintah pusat.

Kepala SMPN 1 Jogonalan, Endah Sulistyowati, mengatakan, Dinas Pendidikan Klaten sudah memberikan rambu-rambu untuk SOP kegiatan KBM sesuai protokoler kesehatan pencegahan Covid-19. Sebagai tahap awal pihaknya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan sarana prasarana (sarpras).

“Sudah kami data, termasuk uji coba ruang meeting. Tempat duduk sudah kita silang untuk jaga jarak. Tempat cuci tangan beserta sabun sudah dipersiapkan. Tinggal mendesain untuk kelasnya,” ujarnya, Senin (8/6/2020).

Protokoler kesehatan, kata Endah, siswa wajib pakai masker dan akan dicek suhu tubuhnya. Pengecekan suhu tubuh dilakukan saat hendak masuk kelas. Siswa dipanggil satu persatu. Kemudian di dalam kelas dipersiapkan satu guru khusus untuk memantau aktivitas siswa.

“Karena kami menggunakan sistem shift, model tempat duduk siswa kami beri nomor. Jadi untuk hari pertama yang absen ganjil masuk dan hari kedua yang absen ganjil libur selanjutnya yang absen genap masuk. Anak-anak tidak boleh pindah kursi. Jaga jarak akan terus dipantau,” jelasnya.

Skema ini akan diujicobakan pihak sekolah pada tanggal 13 Juli 2020. Sekolah mengimbau siswa menaati protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. SOP sekolah ini akan disosialisaikan ke orang tua siswa saat penerimaan raport.

“Saya berharap kalau nanti secara prosedural pelaksanaan protokoler ini berjalan sesuai SOP maka akan aman. Saya melihat kesiapan di lapangan saat ini sudah matang,” ujarnya. (Lia)

BERITA REKOMENDASI