Obwis Batu Seribu Perlu Bantuan Pusat

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pembangunan perbaikan tempat wisata Batu Seribu Bulu membutuhkan bantuan dana dari pusat. Sebab kebutuhan dana sangat besar untuk perbaikan secara total. Sedangkan anggaran yang tersedia dari APBD Sukoharjo sekarang baru bisa untuk perbaikan beberapa bagian saja.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno, Minggu (15/04/2018) mengatakan sudah ada anggaran sebesar Rp 2,5 miliar dari APBD Sukoharjo Tahun 2018 untuk perbaikan tempat wisata Batu Seribu Bulu. Pemkab Sukoharjo akan fokus memperbaiki kolam renang dengan pembangunan baru. Sebab kondisi kolam renang yang ada sekarang sangat tidak layak.

Anggaran yang tersedia akan digunakan 70 persen diantaranya pada pembangunan fisik. Sedangkan sisanya 30 persen dipakai sebagai tambahan sarana dan prasarana lainnya yang dibutuhkan di tempat wisata Batu Seribu Bulu.

"Kalau mengandalkan anggaran dari APBD Sukoharjo untuk perbaikan tempat wisata Batu Seribu Bulu sangat sulit sebab kebutuhan dana sangat besar. Kami juga butuh dana bantuan dari pusat," ujar Darno.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo sudah mengajukan dana bantuan ke pusat sebesar Rp 2,5 miliar. Nilai tersebut diajukan sudah melalui perhitungan dari petugas. Selain itu nilai tersebut juga sama dengan dana yang sudah disediakan dari Pemkab Sukoharjo.

"Kami sudah mengajukan usulan bantuan. Tapi apakah disetujui atau tidak kami belum tahu karena masih menunggu keputusan pusat," lanjutnya.

Darno mengatakan, apabila tidak turun tahun ini maka pihaknya tetap menunggu sampai 2019. Sebab dari pengalaman disejumlah daerah pada tahun sebelumnya pengajuan dana bantuan yang dilakukan sekarang bisa saja diberikan tahun berikutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI