Operasi Protokol Kesehatan Diintensifkan Hingga Masuk Kampung

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo melakukan operasi protokol kesehatan dengan sasaran pemakaian masker hingga masuk ke kampung. Pelaku pelanggaran langsung ditindak sesuai ketentuan demi mencegah penyebaran kasus virus Corona.

“Pelanggaran protokol kesehatan tetap masih ada. Petugas masih menemukan warga orang dewasa tidak memakai masker saat keluar rumah. Bahkan banyak anak-anak bermain di luar rumah tanpa memakai masker dan ini jelas melanggar SE tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mikro,” kata Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Selasa (22/06/2021).

Operasi protokol kesehatan masuk kampung dilakukan Satpol PP Sukoharjo bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo secara bergantian dengan jam secara acak disejumlah tempat. Petugas menyisir sejumlah sasaran baik pagi, siang, sore hingga malam hari. Sasaran yang dituju salah satunya berkaitan dengan pemakaian masker.

Sasaran lain operasi protokol kesehatan dilakukan berupa kerumunan massa. Kegiatan tersebut menyasar tempat pusat keramaian seperti rumah makan, pusat perbelanjaan dan hajatan yang sementara waktu tidak diperbolehkan.

Heru mengatakan, kegiatan semacam ini dianggap efektif karena petugas langsung turun menyasar warga hingga ke kampung. Pelanggaran nyata ditingkat RT dan RW bisa diketahui dan ditindak demi mencegah penyebaran virus Corona.

“Satpol PP Sukoharjo dibantu dari Kodim 0726, Polres, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dan pihak terkait lain dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo terus mengintensifkan operasi sesuai SE Bupati Sukoharjo,” lanjutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo mengatakan, operasi protokol kesehatan semakin diperbanyak dan pengawasan masyarakat diperketat. Kegiatan dilakukan tidak hanya di pusat kota saja, melainkan juga sampai ke kampung. Petugas menyisir wilayah di lingkungan paling kecil tingkat RT dan RW demi menegakan aturan sesuai SE Bupati Sukoharjo.

Widodo mengatakan, sesuai arahan bupati para pejabat dan termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta wajib mematuhi protokol kesehatan dan menjadi contoh baik bagi masyarakat khususnya warga di lingkungan tempat tinggalnya. Salah satu bentuknya seperti memakai masker saat keluar rumah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI